Kembali, Inggris Dihantui Keberadaan Virus Polio di London, Sejak 2003 Sudah Dinyatakan Bebas

JurnalPatroliNews – Jakarta – Otoritas kesehatan Inggris melaporkan penemuan jejak virus yang menyebabkan poliomielitis telah ditemukan dalam sampel limbah di London utara dan timur. Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengungkapkan pada Rabu (22/6) waktu setempat.

Pihak berwenang yakin virus itu berasal dari vaksin hidup yang masih digunakan di beberapa negara dan dibawa ke Inggris oleh seorang pelancong dari luar negeri. Meskipun belum ada insiden penyebaran komunitas yang ditemukan, pejabat kesehatan memperingatkan bahwa itu mungkin saja terjadi.

Virus yang baru ditemukan diidentifikasi sebagai virus polio yang diturunkan dari vaksin tipe 2 (VDPV2) dan terdeteksi beberapa kali antara Februari dan Mei di London Beckton Sewage Treatment Works di Newham, seperti dikutip dari AFP.

Pejabat UKHSA mengatakan sampel virus “berhubungan erat” tetapi dari orang yang berbeda, dan bahwa virus telah bermutasi dua kali, menunjukkan penyebaran komunitas.

Pejabat kesehatan berusaha menemukan individu yang mungkin telah terinfeksi dan mengatakan risiko keseluruhan bagi publik sangat rendah.

Komentar