Kementerian Luar Negeri Rusia : Kami Akan Dapat Melacak Semua Serangan Dunia Maya AS Yang “Tak Terlihat”

Jurnalpatrolinews – Moskow : Melakukan serangan komputer “tak terlihat” oleh Amerika Serikat terhadap struktur pemerintah Rusia dan fasilitas infrastruktur informasi penting adalah proses yang secara teknis tidak mungkin dilakukan. Hal tersebut dituturkan oleh Andrei Krutskikh, perwakilan Vladimir Putin untuk kerjasama internasional di bidang cybersecurity.

 “Kemampuan teknologi kami, yang dimiliki oleh layanan khusus dan berbagai badan keamanan pemerintah, memungkinkan kami melacak setiap serangan penjahat dunia maya. Mungkin, Anda tidak boleh berpikir bahwa salah satu kekuatan nuklir terbesar di dunia mungkin tidak melihat sesuatu. Itu konyol, “kata Andrei Krutskikh saat berbincang dengan jurnalis Rusia.

“Jika ada serangan siber oleh Amerika Serikat yang dilakukan pada departemen atau perusahaan Rusia, maka kami pasti akan mencatatnya,” Krutskikh yakin.

Sebelumnya di Amerika Serikat, pejabat senior mengatakan bahwa para ahli terkemuka negara itu sedang menyelesaikan proses persiapan untuk menerapkan tanggapan terhadap serangan komputer yang dilakukan oleh peretas Rusia (diasumsikan bahwa ini dilakukan oleh peretas dari grup ATP29, yang didanai oleh Badan Intelijen Luar Negeri Rusia) pada alat keamanan SolarWinds perusahaan pengembangan Amerika. Akibat serangan itu, yang dilakukan pada Desember 2020, sekitar 18.000 organisasi di seluruh dunia, termasuk lembaga federal AS yang besar, terkena dampaknya.

AS mencatat bahwa tindakan pembalasan yang diarahkan di dunia maya terhadap Rusia akan “terlihat” dan “tidak terlihat”.

“Saya ingin mengatakan bahwa pernyataan tentang serangan tak terlihat seperti itu sangat bodoh. Ini tidak bisa terjadi begitu saja dalam kondisi modern. Federasi Rusia sekarang memiliki semua peralatan teknologi yang diperlukan, spesialis berkualifikasi tinggi, yang akan memungkinkan untuk dengan mudah merekam setiap serangan dunia maya yang diarahkan pada struktur Rusia, “Krutskikh menyimpulkan.

Pada April 2021, FBI, CISA, dan NCSC menuduh badan intelijen Rusia mengatur dan melakukan serangan penjahat dunia maya di SolarWinds. Di Amerika Serikat, diyakini bahwa serangan itu dilakukan oleh penjahat dunia maya dari kelompok peretas Cozy Bear (APT 29), yang didanai oleh pemerintah Rusia dan milik Badan Intelijen Luar Negeri Rusia.  ***/. dd – plsmail)

Komentar