Laporan : AS Memiliki Armada Pesawat Militer Terbesar di Dunia, Rusia Menempati Urutan Kedua

Jurnalpatrolinews : New Delhi : Ketika sebuah kapal induk bertenaga nuklir AS berlayar, biasanya ia menawarkan 90 pesawat sayap tetap dan helikopter, kekuatan yang lebih kuat daripada sebagian besar angkatan udara di planet ini.

Mengingat bahwa Angkatan Laut AS memiliki 11 kapal semacam itu selain kapal serbu amfibi yang mampu mengoperasikan jet cepat, tidak mengherankan bahwa militer AS mengoperasikan pesawat tempur paling banyak di negara mana pun dengan jarak yang cukup jauh.

Angkatan Udara AS, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Korps Marinir secara kolektif mengoperasikan lebih dari 13.000 pesawat militer menurut laporan Angkatan Udara Dunia 2021 yang dirilis oleh Flight International bekerja sama dengan Embraer. Meskipun F-35 mulai beroperasi, F-16C tetap menjadi pesawat tempur paling umum di inventaris AS dengan 803 dalam pelayanan.

Itu juga merupakan jet tempur paling umum yang beroperasi secara global, menurut laporan itu, dengan 2.267 dioperasikan oleh berbagai angkatan udara.

Rusia memiliki armada pesawat militer terbesar kedua di dunia pada tahun 2021 dengan lebih dari 4.000 dalam pelayanan. Su-27 / Su-30 Flanker masih menjadi tulang punggung Angkatan Udara Rusia dan itu adalah jet tempur paling umum kedua yang beroperasi saat ini dengan sekitar 1.000 digunakan oleh daftar panjang operator seperti Ukraina, India dan Malaysia. Sekarang sedang dalam pelayanan oleh Su-57 canggih.

China memiliki persediaan pesawat militer terbesar ketiga, menurut laporan itu, dengan 3.160 mesin dalam pelayanan.

(***/. dd – toind)

Komentar