Lawan Pemberontak, Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed Pimpin Pasukan untuk Beri Serangan Balasan

  • Whatsapp
Ilustrasi/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta – Di tengah seruan internasional untuk solusi diplomatik dan gencatan senjata, Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed dilaporkan telah bergabung dengan pasukan garis depan untuk memerangi pemberontak dari wilayah Tigray.

Pertempuran di utara negara terpadat kedua di Afrika itu tidak kunjung selesai. Selama bertahun-tahun pemberontakan itu telah menewaskan puluhan ribu orang, dan sebagian lainnya dicengkeram kelaparan dan lari mengungsi.

BACA JUGA :

“Abiy saat ini dilaporkan memimpin serangan balasan dan telah memberikan kepemimpinan dari medan perang sejak kemarin,” isi laporan media pemerintah, seeprti dikutip dari AFP, Kamis (25/11), tanpa menyebutkan di mana lokasi pemimpin Ethiopia itu berada, juga tidak ada foto atau gambar yang memperkuat laporan itu.

Para pejabat belum menanggapi permintaan untuk rincian tentang misi dan keberadaannya.

Menanggapi laporan yang menyebutkan bahwa Abiy telah berada di garis depan, Departemen Luar Negeri Amerika lagi-lagi memperingatkan agar semua pihak menahan diri.

“Tidak ada solusi militer untuk perang saudara Ethiopia. Kami mendesak semua pihak untuk menahan diri dari retorika yang menghasut dan berperang, menghormati hak asasi manusia, mengizinkan akses kemanusiaan, dan melindungi warga sipil,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri dalam pernyataannya.

Perang kembali meletus pada November 2020 ketika Abiy mengirim pasukan ke Tigray untuk menggulingkan partai yang berkuasa, Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF).

Dia mengatakan langkah itu sebagai tanggapan atas serangan TPLF di kamp-kamp tentara federal dan menjanjikan kemenangan cepat, tetapi pada akhir Juni pemberontak telah merebut kembali sebagian besar Tigray termasuk ibukotanya Mekele.

Sejak itu, TPLF telah mendorong kekuasaannya ke wilayah tetangga Amhara dan Afar. Minggu ini, kelompok itu bahkan mengklaim telah merebut sebuah kota hanya 220 kilometer (135 mil) dari ibukota. 

Pos terkait