Libya: Pejuang GNA Maju Menyerang Untuk Merebut Kembali Kota Sirte

Jurnalpatrolinews – Tripoli : Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya yang diakui secara internasional  pada hari Sabtu memindahkan pejuang lebih dekat ke Sirte, pintu gerbang ke terminal minyak utama Libya yang menurut GNA berencana untuk merebut kembali dari Tentara Nasional Libya (LNA) yang berpusat di Timur.

Para saksi dan komandan militer GNA mengatakan satu konvoi berisi sekitar 200 kendaraan bergerak ke arah timur dari Misrata di sepanjang pantai Mediterania menuju kota Tawergha, sekitar sepertiga dari perjalanan ke Sirte.

GNA baru-baru ini merebut kembali sebagian besar wilayah yang dipegang oleh LNA di barat laut Libya, yang mengakhiri kampanye komandan militer Khalifa Haftar yang berkantor pusat di timur untuk merebut ibu kota, Tripoli, sebelum garis depan baru diperkuat antara Misrata dan Sirte.

Didukung oleh Turki, GNA mengatakan akan merebut kembali Sirte dan pangkalan udara LNA di Jufra.

Namun Mesir, yang mendukung LNA bersama Uni Emirat Arab (UEA) dan Rusia, telah mengancam akan mengirim pasukan ke Libya jika GNA dan pasukan Turki berusaha merebut Sirte.

Amerika Serikat mengatakan Moskow telah mengirim pesawat perang ke Jufra melalui Suriah untuk bertindak mendukung tentara bayaran Rusia yang berperang bersama LNA. Moskow dan LNA sama-sama menyangkal ini.

Komentar