Libya : Tentara Bayaran Untuk Haftar Dibawa Dari Suriah

Jurnalpatrolinews – Tripoli : Tentara Libya pada Selasa mengatakan bahwa sebuah pesawat yang membawa tentara bayaran Suriah mendarat di Benghazi untuk mendukung panglima perang Libya Khalifa Haftar.  

Dalam sebuah pernyataan kepada Anadolu Agency, Abdul Hadi Dara, juru bicara operasi Sirte dan Jafra angkatan bersenjata Libya, mengatakan mereka “menerima informasi yang kuat tentang tentara bayaran di dalam pesawat milik Cham Wings Airlines [milik Suriah] yang tiba. dari Suriah ke bandara Benina. “

Dara juga mempertanyakan peran PBB, yang mengawasi gencatan senjata, mencatat bahwa tidak ada tindakan yang diambil terhadap Haftar, yang memobilisasi tentara bayaran dan senjata.

Tentara Libya mengatakan Sabtu bahwa mereka sedang memantau mobilisasi milisi Haftar di daerah Sirte dan al-Jafra serta di Libya selatan.

Pekan lalu, militer juga mengatakan bahwa sebuah pesawat Rusia mendarat di Pangkalan Udara Ghardabiya di Sirte dengan pengiriman senjata dan amunisi untuk Haftar.

Pada 23 Oktober, PBB mengumumkan perjanjian gencatan senjata permanen antara rival Libya yang bertikai selama pertemuan Komisi Militer Bersama 5 + 5 di Jenewa.

Sejak penggulingan almarhum pemimpin Muammar Gaddafi pada 2011, dua kursi kekuasaan telah muncul di Libya: satu di Libya timur yang didukung terutama oleh Mesir dan Uni Emirat Arab, dan satu lagi di Tripoli, yang mendapat pengakuan PBB dan internasional.

Komentar