Memalukan..! Gegara Tak Tahan, Seorang Jamaah Haji Asal Indonesia Nyaris Di Tangkap Ketahuan Merokok Di Area Masjid Nabawi

JurnalPatroliNewsJakarta -Kejadian memalukan, dialami seorang jemaah calon Haji asal Indonesia. Ia, hampir saja ditangkap oleh kepolisian Arab Saudi di Madinah.

Pasalnya, Ia ketahuan merokok di halaman Masjid Nabawi, yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Lainnya

Pria yang diketahui jemaah calon Haji asal Bekasi itu, langsung didatangi dan diminta Paspornya.

Beruntung, Petugas penyelenggara ibadah Haji Indonesia, melihat peristiwa tersebut, dan langsung melobi ke Petugas Keamanan tersebut.

Kolonel Laut Harun Al Rasyid, Kepala Seksi Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Madinah, mengatakan, jamaah calon Haji yang ketahuan merokok itu, akhirnya bisa lolos dari ancaman hukum.

“Kita janjikan ke mereka bila kesalahan itu tidak akan terulang lagi,” kata Harun, Jumat (24/6/22).Ia juga mengingatkan, agar jemaah Haji Indonesia sadar, jika saat ini mereka bukan lagi berada di Tanah Air, melainkan di Tanah Suci.

Ia pun mengimbau, para jemaah calon Haji, untuk tak melakukan kebiasaan merokok, yang di Indonesia biasa saja.

Sementara di Arab Saudi itu, merokok dinilai tabu, terlebih lagi dilakukan di lingkungan tempat ibadah.Negara yang dipimpin oleh Pangeran Muhammad bin Salman itu, memang sangat ketat terkait aturan merokok.

sejak 2018 lalu. Merokok di kompleks tempat Ibadah, Fasilitas Kesehatan, Fasilitas Pendidikan, tempat Olahraga, dan Fasilitas Umum lainnya, akan menjadi pelanggaran.Bahkan, Hukumannya pun, juga tidak main-main.

Bagi yang melanggar akan dikenai denda sebesar Rp18 juta, demikian dikutip, Al Arabiya, Media Arab Saudi.Aturan merokok di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia.

Di Arab Saudi, tempat merokok yang diperbolehkan, harus terisolasi, dan harus memastikan, tidak boleh dimasuki warga di bawah usia 18 tahun.

Pos terkait