Menlu China Besok Datang Ke Indonesia, Ada Apa?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Wang Yi, Menteri Luar Negeri China, diperkirakan akan menyambangi Indonesia. Pemberitahuan ini dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, seusai pertemuan dengan Duta Besar China di Jakarta, Lu Kang.

“Diskusi yang menginspirasi bersama @Amb_LuKang dari China (17/4/2024) menjelang kunjungan resmi Menteri Luar Negeri Wang Yi @MFA_China ke Indonesia pada 17-20 April 2024,” tulis Retno melalui akun media sosialnya.

Selain Indonesia, Wang Yi juga dijadwalkan untuk singgah di Kamboja dan Papua Nugini. Rencana perjalanan ini disampaikan melalui pernyataan terkini oleh Kementerian Luar Negeri China pada Selasa (16/4/2024).

Dalam pernyataan tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, menegaskan bahwa Wang Yi akan memulai serangkaian kunjungannya pada Kamis (18/4/2024) dan berlangsung hingga Selasa, 23 April mendatang.

Di Indonesia, Wang Yi dijadwalkan untuk memimpin serta menghadiri sesi Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi antara China dan Indonesia. Sementara di Kamboja, ia akan memandu dua pertemuan Komite Koordinasi Antarpemerintah China-Kamboja.

Kunjungan terakhir Wang Yi ke Indonesia terjadi pada Juli 2023. Pada waktu itu, dia mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan para Menteri Luar Negeri dari negara-negara ASEAN yang berada di Indonesia, serta memperbincangkan kolaborasi antara China dan anggota-anggota ASEAN.

Diplomat senior ini kembali memegang jabatan Menteri Luar Negeri China setelah Qin Gang, rekannya yang saat itu menjabat, secara tiba-tiba menghilang.

Komentar