Netanyahu Menghindari Wilayah Udara Saudi Karena Rudal Houthi

Junalpatrolinews – Yerusalem : Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia dilarang terbang ke Uni Emirat Arab melalui wilayah udara Arab Saudi pekan lalu karena ancaman tembakan rudal dari proksi Iran di Yaman.

Netanyahu, yang memberikan komentarnya pada hari Sabtu, telah membatalkan kunjungan ke Emirates minggu lalu karena pertengkaran dengan tetangganya Yordania, yang telah menutup wilayah udaranya untuk sementara waktu untuk penerbangan perdana menteri Israel.

Tapi alih-alih melewati wilayah udara Yordania dan mengambil rute yang lebih selatan melintasi langit Saudi, Netanyahu mengatakan kepada Saluran 13 Israel “ada juga masalah seminggu yang lalu di langit Arab Saudi,” mengacu pada serangan rudal baru-baru ini oleh pemberontak Houthi Yaman.

Netanyahu tidak merinci lebih lanjut, dia juga tidak mengatakan pesawatnya menjadi sasaran Houthi yang didukung Iran.

Pemberontak Houthi Yaman, yang mengendalikan ibu kota dan sebagian besar wilayah utara negara itu, telah meningkatkan serangan lintas batas mereka terhadap infrastruktur penting Saudi dalam beberapa pekan terakhir, menabrakkan drone dan rudal bermuatan bom ke baterai rudal Patriot kerajaan dan mengungkap celah dalam pertahanan negara.

Kantor Perdana Menteri mengatakan kesulitan mengoordinasikan penerbangan di atas wilayah udara Yordania setelah putra mahkota Yordania membatalkan kunjungan ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, sebuah situs suci sensitif di bawah pengawasan Yordania, karena ketidaksepakatan mengenai pengaturan keamanan.

Perdana menteri bersikeras bahwa hubungan antara kedua negara itu positif, menambahkan bahwa “Yordania membutuhkan hubungan baik dengan kita, tidak kurang dari kita membutuhkan hubungan baik dengan Yordania.”  (***/. d -rtrs)

Komentar