Pelosi Meminta Militer Untuk Tetap ‘Melepaskan’ Trump Dari Kode Nuklir

  • Whatsapp

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan dia berbicara dengan panglima militer negara itu tentang mencegah Presiden Donald Trump yang “tidak stabil” untuk memulai permusuhan militer atau memerintahkan serangan nuklir.

Pada hari Jumat, Pelosi menyebut Trump sebagai “presiden yang tidak terpengaruh,” menambahkan bahwa presiden harus dilarang menggunakan kode yang ditugaskan untuk meluncurkan senjata nuklir Amerika.

Bacaan Lainnya

Tindakan tersebut diambil oleh kantornya pada hari Jumat dalam sebuah surat kepada Partai Demokrat di bawah bagian berjudul “Mencegah Presiden yang Tidak Terhambat dari Menggunakan Kode Nuklir.”

Pelosi mengatakan dia berbicara dengan komandan militer atas tentang mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah Trump memulai permusuhan atau memerintahkan serangan nuklir sebelum meninggalkan kantor.

“Pagi ini, saya berbicara dengan ketua Kepala Staf Gabungan, Mark Milley, untuk membahas tindakan pencegahan yang tersedia untuk mencegah presiden yang tidak stabil memulai permusuhan militer atau mengakses kode peluncuran dan memerintahkan serangan nuklir,” tulis pembicara.

“Situasi Presiden yang tidak terkendali ini sangat berbahaya,” kata Pelosi dalam pernyataan itu, tepat sebelum panggilan konferensi dengan sesama Demokrat untuk membahas apakah akan mendakwa Trump. “Jika Presiden tidak meninggalkan jabatannya dalam waktu dekat dan dengan sukarela, Kongres akan melanjutkan tindakan kami.”

 

Pos terkait