Pemimpin Plaid Cymru Adam Price : Boris Johnson Adalah Agen Perekrutan Terbesar Untuk Kemerdekaan

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – London : Boris Johnson adalah “bencana” sekaligus menjadi “agen perekrutan terbesar” untuk kemerdekaan, klaim pemimpin Plaid Cymru Adam Price.

Price mengkritik Pemerintah Inggris atas penanganannya terhadap pandemi virus korona karena ia memperkirakan pemilu Welsh dan Skotlandia pada Mei tahun depan dapat mengantarkan “musim panas Hindia Belanda ’21”.

Bacaan Lainnya

Dia menceritakan bagaimana dukungan untuk kemerdekaan meningkat di bangsanya, dengan mengatakan “kebangkitan Welsh mengejar gelombang Skotlandia”.

Price, yang berpidato di konferensi tahunan SNP, berjanji bahwa Plaid Cymru akan melawan pemilihan Senedd tahun depan pada “prospektus paling radikal dan transformasional yang terlihat sejak devolusi”.

Dia juga menyatakan: “Memberikan hak kepada rakyat Wales untuk memutuskan masa depan mereka sebagai sebuah bangsa akan menjadi inti dari rencana kami.

“Jangan ada orang yang ragu bahwa saya akan memimpin sebuah tim dan partai yang jelas tujuannya, bersatu dalam tujuannya, berkomitmen untuk mengadakan dan memenangkan referendum kemerdekaan secepat kami bisa.”

Komentarnya datang ketika dia mengatakan bahwa pandemi virus corona telah “mengekspos ekses terburuk dari aturan Westminster”.

Pemimpin Plaid Cymru mengecam pemerintah Johnson karena “kontrak APD yang meragukan, rezim pengujian yang membawa malapetaka, dan ‘chumocracy’ Tory yang tumbuh dari hari ke hari”.

Sementara Perdana Menteri dilaporkan menggambarkan devolusi Skotlandia sebagai “bencana”, Mr Price bersikeras: “Satu-satunya bencana adalah Perdana Menteri sendiri – agen perekrutan terbesar yang pernah dimiliki kemerdekaan.

“Pada tingkat ini, istana-istana yang runtuh di Westminster akan bertahan lebih lama dari Union itu sendiri – dengan sedikit keberuntungan kita tidak perlu membayar untuk perbaikannya.”

Pos terkait