Persiapan KTT G.20 Tahun 2022 Kapolres Buleleng Melakukan Penanaman 1.000 Mangrove Di Pantai Sumbekima

JurnalPatroliNews – Buleleng – Dalam rangka penghijauan dan mengurangi pemanasan global serta persiapan KTT G.20 tahun 2022, Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.IK, SH, M.Si melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak pada hari ini Jumat (17/12).

Sebelum penanaman mangrove terlebih dahulu dilakukan Apel bersama yang dipimpin langsung Waka Polres Buleleng Kompol Yusak Agustinus Sooai, S.IK dan juga dihadiri Kepala Taman Nasional Bali Barat, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Hayati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Forkompimcam Gerokgak, Kepala Desa Sumberkima, Kelian Desa Adat Sumberkima, Ketua Pokmaswas Pejarakan, Ketua Kelompok Pemerhati Lingkungan, Kelompok Nelayan Bahari dan Bhayangkari Polrs Buleleng serta unsur masyarakat lainnya.

Waka Polres Buleleng menyampaikan, kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu aksi kongkrit dan upaya nyata yang dilakukan untuk menunjukan prestasi dan komitmen ekonomi hijau Indonesia yang dapat ditunjukkan kepada para anggota delegasi G20 pada KTT G20 tahun 2022 di Bali.

Selain itu tujuan penanaman mangrove bertujuan sebagai upaya untuk mencegah bencana alam serta meminimalisir tingkat abrasi dan menjaga garis pantai agar tetap stabil, melestarikan alam pesisir pantai, serta mengurangi Polusi udara karena diyakini pohon mangrove mampu menyerap kadar C02 dalam atmosfer, ucap waka Polres Buleleng.

Selanjutnya Waka Polres Buleleng Kompol Yusak A. Sooai, yang mewakili Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto melakukan penanaman mangrove bersama-sama dengan unsur undangan yang hadir serta masyarakat dan pemerhati lingkungan.

Salah satu pemerhati lingkungan dari Yayasan Jaan Indonesia Wahyu Lestari menyampaikan, program penanaman mangrove ini sangat bermanfaat untuk masyarakat karena bisa mengurangi pemanasan global dan diucapkan terimakasih kepada Polres Bulelengn yang telah mengundangnya dalam kegaitan penanaman mangrove dan harapan kepada masyarakat agar mulai sadar bahwa diperlukan penanaman mangrove untuk mengurangi pemanasan global, ucapnya.

Komentar