Pertemuan Saudi-Israel Dikukuhkan Sebagai Unjuk Persatuan Melawan Iran

Jurnalpatrolinews – Riyadh : Menyusul laporan pertemuan “rahasia” di Arab Saudi antara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada hari Minggu, didampingi oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan kepala Mossad Yossi Cohen, pejabat Israel kini telah mengkonfirmasi pertemuan tersebut,  Israel Hayom melaporkan.

Tujuan jelas pertemuan itu, kata surat kabar itu, adalah untuk menunjukkan front persatuan melawan Iran sebelum Presiden terpilih Joe Biden menjabat pada Januari. Biden telah berbicara mendukung kembalinya kesepakatan nuklir dengan Iran, sebuah langkah yang ditentang keras oleh Israel, Arab Saudi dan negara-negara lain di Teluk yang berulang kali  terancam oleh rezim di Teheran.

Biden diperkirakan akan menunjuk Antony Blinken sebagai menteri luar negeri. Blinken sangat terlibat dalam membentuk kesepakatan nuklir 2015 pemerintahan Obama dengan Iran dan dengan keras mengkritik keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik diri secara sepihak dari perjanjian pada 2018.

Pertemuan di Neom, Arab Saudi, diatur oleh Perwakilan Khusus AS untuk Iran Elliott Abrams. Riyadh belum berkomentar tentang pertemuan itu, yang bocor ke media lebih cepat dari yang direncanakan, menurut Israel Hayom . Sebuah jet bisnis Israel dilacak setelah lepas landas sebelum pukul 8 malam Minggu malam menuju Arab Saudi, di mana jet itu bertahan selama sekitar empat jam.

Seorang pejabat senior Saudi mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Netanyahu dan bin Salman membahas beberapa masalah, termasuk ancaman Iran dan normalisasi hubungan, tetapi tidak ada kesepakatan formal yang dibuat.

Menteri Pendidikan Yoav Galant menyebut pertemuan itu sebagai “pencapaian luar biasa”.

“Fakta bahwa pertemuan itu terjadi, dan diumumkan secara terbuka, meskipun semi-resmi untuk saat ini, adalah masalah yang sangat penting,” katanya.

Meskipun ada konfirmasi dari Israel dan Arab Saudi, bagaimanapun, Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan Al-Saud pada hari Senin membantah bahwa pertemuan itu terjadi, menurut laporan Reuters dan AP.

“Saya telah melihat laporan pers tentang pertemuan antara HRH Putra Mahkota dan pejabat Israel selama kunjungan baru-baru ini oleh @SecPompeo. Tidak ada pertemuan seperti itu yang terjadi. Pejabat yang hadir hanya orang Amerika, ”katanya.

Komentar