Rusia Mengutuk Pengusiran Diplomatnya Dari Negara-Negara UE

Jurnalpatrolinews – Moskow : Rusia mengutuk keputusan Jerman, Swedia, dan Polandia untuk mengusir diplomat Rusia, sebagai tanggapan atas keputusan serupa yang diambil oleh Moskow pada 5 Februari.

“Keputusan yang diambil oleh Polandia, Jerman, dan Swedia tidak berdasar dan tidak bersahabat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova kepada “Rusia 1”, mengulangi kecamannya atas apa yang dia anggap sebagai “campur tangan” Barat dalam urusan dalam negeri Rusia.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa Berlin mengusir seorang diplomat yang bekerja di kedutaan Rusia di Berlin sebagai tanggapan atas pengusiran seorang diplomat Jerman oleh Moskow pekan lalu.

Kementerian menyatakan seorang pegawai kedutaan Rusia di Berlin persona non grata, menambahkan, “Rusia telah mengusir sejumlah diplomat Uni Eropa, termasuk satu di kedutaan Jerman. Keputusan ini sama sekali tidak dapat dibenarkan.”

Di sisi lain, Rusia mengatakan bahwa diplomat Eropa yang diusir berpartisipasi dalam demonstrasi untuk mendukung oposisi Kremlin yang dipenjara, Alexei Navalny, tetapi Jerman menanggapi dengan mengatakan bahwa dia hanya memenuhi tugas untuk melaporkan secara hukum perkembangan di mana hal itu terjadi.  (***/.dt-irps)

Komentar