Saudi Izinkan Perempuan Berhaji Tanpa Pendamping Pria

JurnalPatroliNews, Riyadh – Arab Saudi membuat sebuah gebrakan baru terkait dengan pelaksanaan haji tahun ini. Kementerian Haji Arab Saudi mengumumkanbahwa saat ini perempuan dapat mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji tanpa perlu adanya wali laki-laki.

Kementerian Haji Saudi mengatakan, bagi mereka yang mereka ingin melakukan ibadah haji tahun ini, harus mendaftar secara individual dan perempuan boleh mendaftar tanpa adanya wali laki-laki.

“Mereka yang ingin melakukan haji harus mendaftar secara individual. Perempuan bisa mendaftar tanpa mahram (wali laki-laki) bersama perempuan lain,” ucap kementerian itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (14/6/2021).

Kementerian itu mengatakan, mereka yang diizinkan untuk mendaftar adalah mereka yang berusia antara 18-65.

Para pendaftar, jelas kementerian itu, juga harus telah menjalani vaksinasi lengkap, telah menerima dosis pertama setidaknya 14 hari sebelumnya, atau mereka yang divaksinasi dan telah pulih dari infeksi Covid-19.

Saudi diketahui akan membatasi haji tahun ini hanya untuk 60 ribu pemegang status kependudukan dan warga Saudi yang tinggal di dalam negeri. Pandemi Covid-19 menjadi alasan Saudi belum mengizinkan jamaah dari luar negeri untuk berhaji tahun ini.

“Mengingat apa yang disaksikan seluruh dunia dari perkembangan pandemi virus corona yang terus berlanjut dan munculnya mutasi baru, pendaftaran haji akan dibatasi hanya untuk penduduk dan warga dari dalam Kerajaan saja,” kata kementerian itu.

(sdn)

Komentar