Serangan Houthi di Marib Yaman Adalah Pertempuran Melawan AS, Sekutunya

Jurnalpatrolinews – Marib : Serangan Houthi terbaru di kota Marib, Yaman adalah pertempuran melawan Amerika Serikat dan sekutunya, kata pejabat tinggi militer kelompok itu Abdullah al-Sharifi kepada TV milisi al-Masirah.

“Pertarungan sekarang bukan dengan saudara kita, tapi antara kita dan perselingkuhan, Amerika dan sekutunya,” katanya.

Bentrokan baru antara pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan kelompok yang didukung Iran meletus awal bulan ini setelah berminggu-minggu relatif tenang di wilayah tersebut.

Kelompok itu juga telah menargetkan Arab Saudi beberapa kali dalam beberapa pekan terakhir, menyerang Bandara Internasional Abha, dan berusaha untuk menyerang daerah sipil dengan rudal dan drone.

Iran mendukung Houthi dalam perang mereka melawan pemerintah Yaman, memasok kelompok itu dengan senjata, seperti drone dan rudal, yang sering digunakan untuk menargetkan warga sipil.

Utusan PBB untuk Yaman pekan lalu mengutuk serangan kelompok itu di Marib dan menyerukan negosiasi.

“Konflik di Yaman telah mengalami peningkatan tajam dengan serangan terbaru [Houthi] di Provinsi Marib. Saya telah mengutuk ini berkali-kali sejak awal tahun lalu ketika operasi ofensif ini dimulai, dan saya akan mengulangi seruan saya sekarang: serangan terhadap Marib harus dihentikan. Ini membahayakan jutaan warga sipil, “kata Martin Griffiths kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis.  (***/. dd – alarby)

Komentar