Taiwan Deteksi 21 Pesawat Militer China Terbang Di Wilayah Negaranya, Ada Apakah?

JurnalPatroliNews – Taipei, – Taiwan mendeteksi setidaknya ada 21 pesawat militer China, mengudara di sekitar wilayah Negaranya, pada Sabtu (20/4/24) waktu setempat.

Dilansir AFP, Sabtu (20/4/2024), Kementerian Pertahanan Taiwan, menyebut 21 objek udara terdeteksi di sekitar wilayahnya sejak Sabtu (20/4/24) pagi. Dalam laporannya, terdapat jet tempur J-16 dan pesawat angkut jarak menengah Y-8, serta drone milik China di antara objek udara tersebut.

“Sebanyak 17 pesawat (dari total 21 pesawat) melintasi garis median dan perpanjangannya, memasuki zona (identifikasi pertahanan udara) utara, tengah, dan barat daya kami, dan bergabung dengan kapal-kapal PLA (Tentara Pembebasan Rakyat – militer China) untuk patroli tempur bersama,” tulis Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataannya.

“Angkatan Bersenjata Taiwan memantau aktivitas tersebut dengan sistem pengawasan bersama kami, dan telah mengirimkan aset-aset yang sesuai untuk meresponsnya,” lanjut pernyataan tersebut.

Diketahui, garis median membagi dua perairan Selat Taiwan, yang merupakan jalur sempit sepanjang 180 kilometer, yang memisahkan Taiwan dengan daratan utama China.

Beijing tidak mengakui garis median itu, karena mengklaim, Taipei yang memiliki pemerintahan demokratis sendiri, sebagai bagian wilayah kedaulatannya.

Bahkan, Militer China mengirimkan pesawat-pesawat tempur dan kapal angkatan lautnya, ke sekitar wilayah Taiwan hampir setiap hari.

Komentar