Jika Ketegangan Iran-Israel Berkepanjangan, RI Akan Lakukan Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemerintah RI tengah bersiap dengan segala kemungkinan, usai beredar kabar bahwa Israel meluncurkan serangan balik ke wilayah Iran, termasuk potensi kenaikan harga minyak dunia dalam beberapa waktu ke depan.

Hal itu diungkap Kepala Center of Digital Economy and SMEs Indef Eisha Maghfiruha, dalam diskusi virtual, Sabtu (20/4/24).

“Ada tendensi kenaikan minyak, bahkan diprediksi bisa US$90an per barel. Tapi kita nggak bisa memprediksi eskalasi sampai mana. Karena bisa aja konflik naik lagi kemarin ada serangan balik pasti jalurnya kenaikan harga komoditas energi dan pangan,” ungkapnya.

“Dan sebagai importir minyak bumi, kita sangat was-was karena beban subsidi Pemerintah dan menjadi beban biaya industri kita,” lanjutnya.

Selain itu, tambah Eisha, pengaruh ke logistik yakni supply chain, juga bakal terdampak pada perekonomian domestik, ada pengaruh supply shock.

“Logistik akan jauh lebih panjang karena selain diputar arah arusnya ngga melewati jalur tertentu karena konflik keamanan, ada supply chain terputus jadi lama dan biaya tinggi ini mempengaruhi industri manufaktur yang perlu input dan harga komoditas terhambat. Sebagai negara pengimpor minyak bumi dan bahan impor, ketergantungan importir input masih tinggi sehingga berdampak ke struktur biaya ke industri kita,” ujar Eisha.

Meski begitu, katanya, ada dampak yang bisa jadi positif dari kenaikan harga minyak itu, yakni mendorong percepatan energi hijau.

“Beberapa komoditas cenderung naik di beberapa minggu. Jika harga minyak naik maka ada hal yang tidak disadari juga seperti kita didorong agar ada percepatan transisi energi terbarukan, transisi energi karena kita tidak bisa terus ketergantungan dengan batubara,” kata Eisha.

Sementara, Asmiati Malik, Dosen Universitas Bakrie, menilai, perlu mewaspadai situasi geopolitik saat ini, termasuk mengungatkan jika eskalasinya berlangsung lama.

“Nggak ada yang bisa memprediksi kondisi geopolitik dan pasar 100% akurat, karena itu karena sangat uncertainty, tentu kita harus perbaiki diri sendiri. Perekonomian Indonesia sangat terintegrasi dengan global seperti besaran investasi, ekspor-impor, kontribusi kenaikan biaya energi dan logistik besar menjadikan kita sebagai negara high economy cost,” ucap Dosen yang juga peneliti itu.

Komentar