Taliban Menuduh Iran Ikut Campur Dalam Urusan Afghanistan

Jurnalpatrolinewws – Kabul : Taliban pada Selasa bereaksi terhadap pernyataan baru-baru ini dari menteri luar negeri Iran tentang kelompok itu dan menuduh negara tetangga ikut campur dalam urusan Afghanistan.

Javad Zarif, menteri luar negeri Iran dalam wawancara dengan Tolo News pada Senin malam mengatakan bahwa Taliban masih masuk dalam daftar kelompok teroris dalam undang-undang Iran.

“Taliban telah melakukan banyak aksi teroris. kami belum menghapus Taliban [dari daftar] kelompok teroris, dalam undang-undang kami, ”katanya.

Namun, Taliban menuduh Iran mencampuri urusan dalam negeri Afghanistan.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok itu mengatakan Iran jelas ikut campur dalam urusan Afghanistan. “Jenis pernyataan seperti ini dapat merusak hubungan antara dua negara tetangga.”

“Taliban tidak ada dalam daftar terorisme PBB, pernyataan menteri luar negeri Iran dalam hal ini membuktikan ketidaksadarannya tentang masalah ini, kami ingin pihak berwenang Iran tidak melukai emosi rakyat Afghanistan dengan ucapan tidak bertanggung jawab mereka,” tambah pernyataan itu. .

“Kami selalu berusaha dan terus menjaga hubungan positif dengan semua tetangga kami termasuk Iran dan kami juga mengharapkan hal yang sama dari pihak mereka, kami meminta mereka untuk tidak berpidato di masa depan sehingga kami juga tidak berkewajiban untuk menanggapi,” pernyataan itu. menyimpulkan.

Komentar