Taliban : Pasukan AS Merelokasi Teroris ISIS di Afghanistan Dengan Helikopter

Jurnalpatrolinews – Kabul : Taliban mengungkapkan bahwa pasukan AS di Afghanistan terlibat dalam mengangkut anggota kelompok teroris ISIS dalam operasi heliborne di bagian timur negara itu.

“Pasukan AS di Afghanistan membantu teroris ISIS untuk melarikan diri dari daerah yang berada di bawah kendali Taliban di Afghanistan Timur,” anggota senior delegasi Taliban, yang sedang dalam kunjungan resmi ke Iran untuk pembicaraan tentang proses perdamaian Afghanistan dan topik yang relevan, kata wartawan di Teheran.

“Daesh (ISIS) ada di Nangarhar dan Kunar; mereka ada di daerah itu. Mereka dieliminasi oleh Taliban di sana tetapi anggota mereka dipindahkan oleh helikopter, ”kata Suhail Shaheen, seorang anggota perunding Taliban kepada wartawan.

“Ketika Taliban mengepung mereka, kami melihat bahwa hanya helikopter Amerika yang bisa terbang karena wilayah udara Afghanistan sepenuhnya di bawah kendali Amerika,” tambahnya.

Dalam sambutan yang relevan sebelumnya pada hari Selasa, Shaheen mengecam Amerika atas penyebaran kekerasan baru-baru ini di Afghanistan.

“Selama pembicaraan, Amerika berjanji kepada kami bahwa mereka bertanggung jawab atas keamanan dan administrasi Kabul. Oleh karena itu, mereka (Amerika) bertanggung jawab atas peningkatan kekerasan di Afghanistan,” kata Shaheen.

Dia meminta pertanggungjawaban AS atas alasan utama di balik meningkatnya kekerasan di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir meskipun ada pembicaraan antar-Afghanistan.

Shaheen menunjukkan bahwa Amerika meningkatkan serangan terhadap pasukan Taliban, dan berkata, “Kami, sebagai gantinya, dipaksa untuk mempertahankan diri kami sendiri. Orang Amerika menghubungkan semua serangan yang mereka atau pasukan proksi mereka lakukan di Afghanistan dengan Taliban.”

Komentar