Turki Melebarkan Sayapnya Di Ranah Rusia Dengan Tujuan Mengekspor Drone Bersenjata ke Asia Tengah

Jurnalpatrolinews – Kazakhtan : Turki bertujuan untuk meningkatkan kerja sama industri pertahanan dengan negara-negara Asia Tengah dengan mengekspor drone bersenjatanya (kendaraan udara tak berawak, UAV), yang telah diuji di medan perang nyata.

Pemerintah Turki sedang mempertimbangkan negara-negara Asia Tengah sebagai mitra potensial untuk membeli drone tempurnya, ungkap pengarahan Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Turki baru-baru ini. Asia Tengah adalah pasar penting bagi pemasok pertahanan Turki, dan kerja sama industri pertahanan dipandang oleh Turki sebagai elemen fundamental dari kerangka perdagangan yang lebih besar.

“Tujuan kami adalah untuk memastikan penggunaan yang luas dari produk industri pertahanan kami, dari kendaraan udara tak berawak hingga perangkat lunak dan amunisi yang dikembangkan oleh Turki, di Kazakhstan dan negara-negara Asia Tengah lainnya,” Wakil Menteri Luar Negeri Yavuz Selim Kıran mengatakan kepada anggota parlemen dalam pertemuan komite yang diadakan pada 2 Desember 2020.

Kıran memberi pengarahan kepada anggota parlemen Turki tentang perjanjian kerja sama militer Turki-Kazakhstan yang ditandatangani pada 2018 dan sedang menunggu persetujuan komite.

Turki bersedia memperbarui kesepakatan kerangka kerja militernya dengan Kyrgyzstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, dan perjanjian Turki-Kazakhstan telah menjadi langkah signifikan untuk lebih mengembangkan kerja sama pertahanan pemerintah Turki dengan negara-negara kawasan lainnya, kata Kiran.

Komentar