Untuk Pertama Kalinya, Rekor Dunia Mencatat 1 Juta Kasus Virus Corona Dalam 100 Jam

Jurnalpatrolinews – London : Infeksi global Virus Corona melewati 14 juta pada hari Jumat, menurut penghitungan Reuters, menandai pertama kalinya ada lonjakan 1 juta kasus dalam waktu kurang dari 100 jam.

Kasus pertama dilaporkan di Tiongkok pada awal Januari dan butuh tiga bulan untuk mencapai 1 juta kasus. Hanya butuh empat hari untuk naik menjadi 14 juta kasus dari 13 juta yang tercatat pada 13 Juli.

Amerika Serikat, dengan lebih dari 3,6 juta kasus yang dikonfirmasi, masih melihat lompatan besar setiap hari dalam gelombang pertama infeksi COVID-19. Amerika Serikat melaporkan rekor global harian lebih dari 77.000 infeksi baru pada hari Kamis, sementara Swedia telah melaporkan total 77.281 kasus sejak pandemi dimulai.

Terlepas dari kasus-kasus yang melonjak, kesenjangan budaya tumbuh di negara itu karena memakai topeng untuk memperlambat penyebaran virus, suatu tindakan pencegahan yang secara rutin dilakukan di banyak negara lain.

Presiden AS Donald Trump dan para pengikutnya telah menentang dukungan penuh topeng dan telah menyerukan untuk kembali ke kegiatan ekonomi normal dan membuka kembali sekolah meskipun ada kasus-kasus yang melonjak.

Negara-negara lain yang sangat terpukul telah “meratakan kurva” dan mengurangi pembatasan untuk memperlambat penyebaran virus baru sementara yang lain, seperti kota Barcelona dan Melbourne, menerapkan putaran kedua penutupan lokal.

Jumlah kasus secara global adalah sekitar tiga kali lipat dari penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Pandemi ini telah menewaskan lebih dari 590.000 orang dalam hampir tujuh bulan, merayap menuju kisaran atas kematian influenza tahunan yang dilaporkan di seluruh dunia. Kematian pertama dilaporkan pada 10 Januari di Wuhan, Cina sebelum infeksi dan kematian kemudian melonjak di Eropa dan kemudian di Amerika Serikat.

Penghitungan Reuters, yang didasarkan pada laporan pemerintah, menunjukkan penyakit ini mempercepat tercepat di Amerika, yang merupakan lebih dari setengah infeksi dunia dan setengah kematiannya.

Di Brasil, lebih dari 2 juta orang dinyatakan positif termasuk Presiden Jair Bolsonaro, dan lebih dari 76.000 orang telah meninggal.

India, satu-satunya negara lain dengan lebih dari 1 juta kasus, telah bergulat dengan rata-rata hampir 30.000 infeksi baru setiap hari selama minggu terakhir.

Negara-negara itu adalah pendorong utama di belakang Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Jumat melaporkan rekor peningkatan satu hari dalam kasus virus corona global 237.743.

Di negara-negara dengan kapasitas pengujian terbatas, jumlah kasus hanya mencerminkan sebagian dari total infeksi. Para ahli mengatakan data resmi kemungkinan kurang mewakili infeksi dan kematian.

Komentar