Warga Negara Indonesia di USA Salurkan Hak Pilih Politik

JurnalPatroliNews – New York,- Warga negara Indonesia (WNI) di New York saat ini tengah melakukan pemungutan suara untuk capres-cawapres dan juga calon DPRI, sangat berbeda dengan di Indonesia yang saat ini memasuki masa tenang pemilu menunggu sampai hari pencoblosan tangggal 14 Februari 2024 nanti.

Hal ini, berbeda dengan WNI diluar negeri seperti di Amerika Serikat (USA), ada sekitar 43 ribu WNI yang terdaftar di Amerika Serikat. Jumlah terbesar kedua ada di wilayah New York.

Antusias terlihat dalam pelaksanaan pencoblosan ini, terlihat dari raut wajah sejumlah warga Indonesia termasuk yang berasal dari Jakarta sebelum dan sesudah menyalurkan hak pilihnya.

Adapun pelaksanaan pemungutan suara terebut digelar oleh petugas Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Sebagaimana diutarakan salah satu warga Indonesia yang saat ini tinggal di New York, Ricky Wisnu, kepada JurnalPatroliNews, Sabtu (10/2/24) waktu USA, warga Jakarta ini, sudah memberikan hak suaranya di TPS New York sebagaimana jadwal yang ada.

 “Saya disini biasa saja, datang ke TPS, menyalurkan hak suara lalu ada yang lanjut kerja. Ada yang masih berkumpul dengan sesama warga WNI, itu hanya sekedar bincang-bincang seputar Pilpres Indonesia,” ujar Ricky.

Ia pun berharap Pilrpes di Indonesia yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 nanti akan berjalan aman dan lancar, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat.

Adapun jadwal sebelumnya yang dikeluarkan oleh PPLN Amerika Serikat yaitu 6 Februari 2024 di Aquinas Center Philadelphia melalui Kotak Suara Keliling (KSK), 8 Februari 2024 di Dover Elks Durham Road, Dover juga melalui Kotak Suara Keliling dan hari ini 10 Februari 2024 di New York melalui TPS di Sound River Studio, Long Island City.

Komentar