Xi Jinping Kunjungi Macron Di Paris, Rupanya Karena Ini!

JurnalPatroliNews – Beijing, – Saat hubungan Beijing – Paris tengah memanas, Presiden China Xi Jinping, malah melakukan kunjungan ke Paris, Prancis, pada Senin (6/5/24) waktu setempat.

Melansir dari CNBC International, Xi menggelar diskusi dengan Emmanuel Macron, Presiden Prancis. Dalam pertemuan itu, Xi meminta agar gencatan senjata global dilakukan selama Olimpiade di Paris, musim panas ini.

“Dunia saat ini masih jauh dari kata tenang,” ujar Xi, berbicara melalui penerjemah bersama Macron dalam pernyataan bersama, dikutip Selasa (7/5/24).

“Sebagai anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan sebagai Negara yang bertanggung jawab, China mendesak Prancis untuk melakukan gencatan senjata selama Olimpiade Paris,” imbuhnya.

Sementara, menanggapi hal itu, Macron mengatakan, akan berusaha agar ide Xi ini, dapat dilaksanakan.

Macron juga berharap, Xi bersedia menggunakan kedekatannya dengan Vladimir Putin, Presiden Rusia, dalam mengurangi ketegangan.

“Kami ingin menjelaskan dampak konflik ini terhadap keamanan Eropa, dan tekad kami untuk mendukung Ukraina selama diperlukan,” ucap Macron.

Xi sendiri, ikut mendukung upaya perdamaian internasional yang akan digelar Juni mendatang di Swiss.

“Kami menentang penggunaan krisis ini untuk membebankan tanggung jawab pada Negara ketiga, dan menodai citra Negara tersebut serta memicu Perang Dingin baru,” tutur Xi.

“Sejarah telah menunjukkan konflik hanya dapat diselesaikan melalui negosiasi,” tandasnya.

Komentar