Xi Memperingatkan Biden Dan Uni Eropa Untuk Tidak Menyalakan Kembali Perang Dingin

Jurnalpatrolinews – Beijing : Presiden China Xi Jinping pada hari Senin memperingatkan mitranya dari AS tentang upaya untuk membentuk aliansi dengan Eropa melawan Beijing.

Dalam pidato virtual di Forum Ekonomi Dunia (WEF), presiden China memperingatkan bahwa setiap upaya untuk menghapus China dari perdagangan dunia dan jaringan teknologi akan menimbulkan risiko Perang Dingin.

Presiden Joe Biden, yang baru-baru ini menjabat sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat, telah menyerukan koalisi sekutu negaranya untuk melawan model ekonomi China.

“Membentuk kelompok-kelompok kecil atau memulai Perang Dingin baru di dunia, mengancam, menggunakan intimidasi dan berusaha melenyapkan yang lain, menggunakan pembubaran dan sabotase atau sanksi, jika tidak membawa dunia ke dalam konflik, akan mengarah pada perpecahan,” tambah presiden China.

“Sejarah dan fakta telah berulang kali mengingatkan kita bahwa jika kita mengambil jalan konflik – apakah itu perang dingin atau perang hangat, perang dagang atau perang teknologi – kepentingan semua negara dan kesejahteraan rakyat mereka akan dirugikan ,” dia melanjutkan.

China telah menempatkan beberapa tindakan pencegahan dan pencegahan dalam agenda untuk mencegah aliansi AS-Eropa melawan Beijing. Perjanjian investasi komprehensif, yang dicapai bulan lalu antara China dan Uni Eropa, akan memungkinkan negara-negara Eropa mengakses pasar China yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tak lama setelah kemenangan Joe Biden, Uni Eropa mengusulkan koalisi antara kedua negara di Atlantik untuk menghadapi China di bidang teknologi komunikasi.

China menentang langkah tersebut, dengan mengatakan “buah teknologi harus bermanfaat bagi umat manusia, bukan menjadi alat untuk membatasi dan menekan perkembangan negara lain.”

Komentar