Genjot Pariwisata dan Ekonomi, Giliran Masyarakat Kaki Gunung Divaksinasi

JurnalPatroliNews – Jakarta – Untuk mendukung sektor pariwisata dan menggerakkan perekonomian di wilayah kaki gunung, relawan pencinta alam yang tergabung dalam Mandalawangi Bergerak menggelar program vaksinasi COVID-19.

Program yang didukung TNI dan Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem KLHK ini diharapkan dapat mendorong pemulihan sektor perekonomian dan pariwisata di wilayah sekitar.

Penasitan Mandalawangi Bergerak, Heru Budiargo mengungkapkan program vaksinasi untuk masyarakat kaki gunung diharapkan bisa memenuhi kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah tersebut.

“Jika kondisi di sana sudah aman, kegiatan sektor pariwisata alam bisa kembali berjalan. Ini akan berdampak positif pada kegiatan perekonomian di wilayah sekitar,” kata Heru, Senin (23/8/2021).

Dia mengharapkan program vaksinasi ini bisa membantu pelaksanaan distribusi dan pemerataan vaksinasi ke daerah terpencil termasuk masyarakat kaki gunung.Masyarakat yang tinggal di kaki gunung adalah ujung tombak dari pariwisata alam pegunungan. Pendaki yang berinteraksi dengan masyarakat berisiko menyebarkan virus corona di wilayah tersebut.

Komandan Komando Resort Militer 061/Suryakancana Brigadir Jenderal Achmad Fauzi mengatakan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, TNI akan selalu siap menjalankan perintah serbu vaksin. “Serta mendukung kegiatan program vaksinasi masyarakat kaki gunung. TNI manunggal bersama rakyat,” ujar dia. (detik.com)

Komentar