Ingat, Vaksin Covid-19 Bukan Obat Penyembuh

  • Whatsapp
Ilustrasi vaksinasi (Dok Pixabay)

 JurnalPatroliNews – Jakarta,– Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, vaksin bukan merupakan obat untuk menyembuhkan infeksi akibat virus Corona penyebab Covid-19. Menurut Satgas, pemberian vaksin berfungsi sebagai salah satu bentuk pencegahan.

“Vaksin Covid-19 bukan diperuntukkan melakukan pengobatan,” tegas Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :

“Fungsi dari vaksin adalah untuk melakukan pencegahan terhadap penularan Covid-19 ataupun mencegah seseorang yang tertular untuk tidak mengalami gejala yang buruk akibat terinfeksi,” sambungnya.

Wiku juga menyampaikan, hingga kini obat untuk menyembuhkan Covid-19 masih dalam tahap pengembangan. Jadi cara terbaik saat ini adalah menerapkan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Upaya terbaik dalam menghindari Covid-19 adalah melakukan pencegahan, melalui disiplin protokol kesehatan, dan melakukan kegiatan vaksinasi apabila dimungkinkan,” tuturnya.

Menurut Wiku, dalam upaya menangani pandemi Covid-19 ini tidak hanya dilakukan dengan vaksinasi saja. Dia menyebut berbagai solusi harus dilakukan secara paralel dan kolektif.

Solusi tersebut di antaranya menegakkan testing dan karantina pelaku perjalanan internasional untuk menekan bertambahnya varian baru yang masuk, menggiatkan whole genome sequencing, tetap disiplin protokol kesehatan, serta tetap melanjutkan vaksinasi. (lov)

Pos terkait