Puskesmas Setu Gelar Penyuluhan PHBS, Ini Respon Para Santri

JurnalPatroliNews – Bekasi, – Pesantren Insan Tarbawi, Kabupaten Bekasi, mendapat kunjungan dr Kurniawati dan Mamah Amd. Keb, Petugas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, Rabu (27/9/23).

Bagi para santri, ini sebuah kesempatan yang sangat berharga, karena bisa mendapat sharing ilmu kesehatan yang berguna.

Sebagaimana diketahui, kesehatan sangatlah penting. Dengan hidup bersih dan sehat di pesantren, diharapkan kegiatan belajar mengajar akan semakin menyenangkan, dan berjalan lebih baik.

Begitupun sebaliknya, jika Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kurang diterapkan dilingkungan sekolah atau Pesantren, maka dampak yang akan ditimbulkan adalah terjadi penurunan prestasi dan semangat belajar.

Selain itu, bisa juga menurunkan citra tempat pendidikan, serta suasana belajar yang tidak mendukung, karena lingkungan yang kotor, keadaan kelas yang kotor, asrama yg kotor, makanan yang kurang sehat dan tempat pembuangan sampah yang tidak bersih, atau kurang tersedia banyak.

Berikut contoh pelaksanaan PHBS di lingkungan Pesantren:

  1. Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan;
  2. Mengkonsumsi jajanan sehat;
  3. Menggunakan jamban bersih dan sehat;
  4. Olahraga yang teratur;
  5. Memberantas jentik nyamuk;
  6. Tidak merokok di lingkungan Pesantren;
  7. Membuang sampah pada tempatnya;
  8. Melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan Pesantren, untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Sejak dini hal itu dikenalkan pada santri, dibawah bimbingan para guru dan musyrif di Pesantren, maka akan semakin melekat PHBS tersebut dalam kehidupannya sehari-hari, baik untuk hari ini maupun di masa mendatang.

Acara ini di hadiri para Santri kelas 7,8,9 dan Takhasus, serta Guru dan Musrif. Diharapkan, setelah acara ini, para santri lebih peduli lagi dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan Pesantren.

(RED)

Komentar