RS Mata Sulut Beroperasi, Gubernur Olly Dondokambey: Ada BPJS, Gratis!

JurnalPatroliNews – Manado,– Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) diperkenankan berobat di Rumah Sakit (RS) Mata Provinsi Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey dalam soft opening, Kamis (3/6/2021) mengatakan bahwa pelayanan RSM Sulut yang terletak di Jalan WZ Johanis Bumi Nyiur Manado, gratis bagi pemegang kartu jaminan kesehatan seperti BPJS.

“Meski baru soft opening sudah bisa dimanfaatkan. Kalau mata payah, ada gangguan bisa datang periksa di sini, ada BPJS gratis,” ujar Gubernur Olly.

Dalam soft opening gedung Rumah Sakit Mata (RSM) Provinsi Sulut, Gubernur Olly didampingi Sekprov Sulut Edwin Silangen, serta sejumlah kepada daerah, diantaranya Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung juga Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang.

Soft opening ditandai dengan pengguntingan pita.

Gubernur kemudian meninjau sejumlah fasilitas kesehatan yang ada.

Diketahui, gedung berlantai lima itu dibangun dengan anggaran Rp93 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), dan dikerjakan PT Hutama karya.

Pemprov Sulut sendiri menggelontorkan Rp15 Miliar dari APBD untuk fasilitas peralatan rumah sakit.

Kadis Kesehatan Debby Kalalo mendampingi Gubernur Olly Dondokambey. (Foto: ist)

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Debby Kalalo merincikan fasilitas rumah sakit, di antaranya 4 gedung utama berfungsi sebagai ruang rawat inap, ICU, ruang bedah (OK), ruang pre operasi, ruang post operasi, ruang OK Lasik, poliklinik dan ruang tunggu dengan luas total 11.736 M2.

Untuk jenis perawatan terdiri dari ruang rawat inap 30 tempat tidur, ICU dengan dua tempat tidur, ruang bedah 5 unit, ruang Pre Operasi 4 tempat tidur, 6 kursi, ruang post operasi 7 tempat tidur, 7 kursi, ruang Lasik 2 unit, ruang poliklinik 11 klinik.

“Fasilitas layanan yang diberikan merupakan yang terbaik,” sebut Kalalo.

(Finda Muhtar)

Komentar