Stamina Fit, Kok Deddy Corbuzier Bisa Diserang Badai Sitokin?

JurnalPatroliNews – Jakarta, Presenter, selebriti, dan mentalist, Deddy Corbuzier mengumumkan dirinya dinyatakan positif Covid-19 dan mengalami kondisi yang buruk karena badai Cytokin (sitokin).

Hal ini diungkapkan Deddy di Instragram pribadi, @mastercorbuzier, yang menampilkan video wawancara di akun Youtube miliknya bersama Dokter Gunawan.

Untuk itulah, selama dua pekan terakhir, Deddy fokus pada kesehatannya dan ia rehat dari seluruh aktivitasnya di media sosial. Kini dia sudah sembuh dari virus yang menyerangnya itu.

“Saya sakit… kritis hampir meninggal karena badai Cytokine, lucunya dengan keadaan sudah negatif. Yes it’s covid-19,” kata Deddy, dikutip Minggu (22/8/2021).

“Tanpa gejala apapun, tiba-tiba saya masuk ke dalam badai Cytokine dengan keadaan paru-paru rusak 60% dalam dua hari,” kisahnya.

Deddy menuturkan, ia terpapar virus Corona setelah mengalami demam tinggi mencapai 40 derajat celcius dibarengi vertigo.

“Somethings is wrong, saya CT Thorax ke RSPAD pada saat itu. Ketemu dokter-dokter yang luar biasa, ternyata ada kerusakan hitungannya 30, saya enggak tahu tuh 30 persen atau apa,” ungkapnya.

Sebelumnya, tim dokter merekomendasikan dirinya untuk tetap dirawat di rumah sakit, namun tingkat saturasi oksigen Deddy yakni 99, masih normal.

Namun 2 hari berselang, ayahanda Azka Corbuzier ini kembali mengalami demam dan vertigo yang membuatnya harus dibawa ke Rumah Sakit Medistra dan kembali melakukan CT Thorax.

“Ketemu dokter Gunawan, dia bilang ini memburuk, ketika dicek CT Thorax sudah 60 dan keadaannya masuk dalam kondisi moment badai sitokin, di masa-masa badai sitokin,” papar Deddy.

Mendengar diagnosa tersebut, Deddy mengaku kaget, karena setahu dia badai sitokin bisa membuat orang meninggal. Selain itu, Deddy juga rutin berolahraga dan minum vitamin setiap harinya.

“Saya olahraga tiap hari, vitamin D saya tinggi, zinc saya tinggi, saya bisa kena tanpa gejala, lalu minggu kedua, hancur saya,” ucap Deddy.

Sebagai informasi, situs Alodokter menjelaskan bahwa badai sitokin merupakan salah satu komplikasi yang bisa dialami oleh penderita Covid-19. Kondisi ini perlu diwaspadai dan perlu segera ditangani secara intensif. Bila tanpa penanganan intensif, badai sitokin dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ hingga kematian.

Sitokin merupakan salah satu protein yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam kondisi normal, sitokin membantu sistem imun berkoordinasi dengan baik dalam melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

(cnbc)

Komentar