Status Pandemi COVID-19 Belum Dicabut, Satgas Ajak Warga Sulut Lengkapi Dosis Vaksin

Vaksinasi COVID-19

JurnalPatroliNews – Manado, – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Sulut mengajak masyarkat untuk melengkapi dosis suntikan vaksin.

Pasalnya, menurut Satgas COVID-19 Provinsi Sulut, status Pandemi COVID-19 secara global belum dicabut secara resmi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sehingga kewaspadaan terus dikedepankan dalam setiap aktifitas yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 menurut Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr Debie KR Kalalo MSc PH adalah melakukan vaksinasi lengkap.

“Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulut terus mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam Pengendalian Pandemi COVID-19. Segera menerima vaksinasi lengkap, baik dosis 1 dan dosis 2 serta vaksinasi booster/dosis 3 yang sudah memenuhi kriteria booster yaitu minimal jarak tiga bulan dari dosis 2,” kata Debie, Sabtu (7/5/2022).

Selain itu, kata Debie, kesadaran individu dan komunitas masyarakat untuk taat dan disiplin menerapkan PROKES (5M) dengan tujuan menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga sesama merupakan hal mendasar dalam perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dimasa Pandemi COVID-19.

Debie juga menyampaikan hasil Vaksinasi COVID-19 mengacu ke aplikasi KPC-PEN, dimana secara nasional data dalam sistem KPC-PEN di seluruh provinsi untuk cakupan dosis 1 cenderung turun, kemungkinan karena sejumlah sasaran anak usia 11 tahun saat vaksinasi dosis 2 umurnya sudah 12 tahun, sehingga masuk dalam sasaran remaja 12-17 tahun.

“Oleh karena itu Capaian Vaksinasi COVID-19 dalam siaran pers sampai dengan hari ini terjadi penurunan pada capaian dosis 1,” katanya.

Pos terkait