Stok Oksigen dan Plasma Konvalesen di Surabaya Darurat

JurnalPatroliNews, Surabaya – Warga Surabaya terus memburu oksigen serta plasma konvalesen untuk dipakai terapi Covid-19. Stok oksigen dan plasma konvalesen sendiri sudah langka dan daurat.

Melihat kondisi itu, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji melakukan rapat darurat bersama industri oksigen seperti PT Samator dan PT Aneka Gas serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya.

Armuji menuturkan, pasokan oksigen untuk rumah sakit di Kota Surabaya dapat terpenuhi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. “Dari industri Produsen Oksigen yang hadir dalam Rakor, Pemerintah Kota memastikan pasokan oksigen aman untuk Rumah sakit di Kota Surabaya,” kata Armuji, Kamis (8/7/2021).

Sehubungan dengan Stok Plasma Konvalesen yang dibutuhkan untuk Terapi pasien COVID-19, PMI menyampaikan kekurangan Stok Kantong Plasma untuk memenuhi permintaan pasien Covid-19. “Merespons permintaan PMI terkait kantong plasma, saya perintahkan Dinas Kesehatan untuk memback-up kebutuhan PMI,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, penyelesaian penanganan Covid-19 harus dipikul bersama mulai hulu ke Hilir. Mulai dari vaksinasi, optimalisasi Satgas Kampung Tangguh, pemakaman prokes Covid-19, perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit hingga kebutuhan oksigen, obat dan plasma darah.

“Penyelesaian ini harus secara menyeluruh dan sistemik, tidak bisa sepenggal-sepenggal. Kita butuh gotong-royong semua pihak untuk keselamatan warga Kota Surabaya,” imbuhnya.

(okz)

Komentar