Wali Kota Bitung Cek Kesiapan Fasilitas Rumah Sakit, Antisipasi Varian Omicron

Wali Kota saat cek kesiapan RSUD Kota Bitung

JurnalPatroliNews – Bitung,- Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri mengecek fasilitas dan Bed Occupancy Ratio (BOR) di dua rumah sakit di Kota Bitung, Jumat (17/12/2021).

Pengecekan itu dilakukan Wali Kota setelah dirinya menerima arahan dari Presiden RI, Joko Widodo terkait antisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

Bacaan Lainnya

Presiden kata Wali Kota, mengintruksikan beberapa hal terkait antisipasi varian Omicron, diantaranya kesiapan fasilitas rumah sakit di tiap daerah.

“Pagi ini, kami menindaklanjuti arahan itu dengan mengecek fasilitas rumah sakit yang kita miliki sebagai langkah antisipasi awal,” kata Maurits.

Rumah sakit yang dicek Maurits adalah Rumah Sakit Darurat di Rusunawa Sagerat dan RSUD Kota Bitung di Kelurahan Manembo-nembo.

Di dua rumah sakit itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bitung ini mengecek kesiapan tenaga kesehatan, kapasitas Bed Occupancy Ratio (BOR), oksigen, obat-obatan dan vitamin serta peralatan pendukung lainnya

“Ketersediaan fasilitas, seperti BOR dan lainnya di dua Rumah Sakit dari hasil pengecekan sangat siap,” katanya.

Malah menurutnya, BOR yang tersedia di kedua Rumah Sakit sebanyak 200an bed khusus bagi pasien COVID-19.

Dan jumlah itu kata dia, sudah sangat cukup, tapi apabila nantinya betul-betul terjadi lonjakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

“Intinya kita siap. Dan kalau memang ada kekurangan pasti akan kita siapkan karena saat ini adalah situasi darurat, sehingga masalah pengadaan terkait upaya antisipasi dan penanganan COVID-19 tidak perlu melalui mekanisme berbelit-belit,” jelasnya.

Pun demikian lanjut dia, masyarakat tetap harus melakukan antisipasi awal dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Mari mencegah dengan ikut vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan serta tetap enjoy,” katanya.

Selain itu, Maurits juga menyatakan semua stakeholder di Kota Bitung juga melakukan antisipasi dengan melakukan apel persiapan kapal-kapal asing masuk ke Kota Bitung.

“Semua penumpang kapal yang masuk melalui jalur laut wajib test swab antigen,” katanya.

Ikut juga mendampingi Wali Kota dalam pengecekan rumah sakit, Asisten I, Julius Ondang, Kepala Dinas Kesehatan, dr Pitter Lumingkewas, Plt Kepala BPBD, Vivy Kadeke, Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Vivi Ariyati Tumbel dan Direktur Perumda Bangun Bitung, Rizal Narcos Lumombo serta sejumlah pejabat Pemkot.

Pos terkait