Usai Penarikan 3 Perwira Polri di KPK, Ini Penjelasan Irjen Pol Sutrisno Yudi

  • Whatsapp
Gedung KPK /Instagram/@officialkpk

JurnalPatroliNews – Jakarta, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menarik 3 penyidik dari KPK pada 31 Mei lalu. Mereka adalah Kompol Edward Zulkarnain, Kompol Petrus Parningotan Silalahi, dan Kompol Ardian Rahayudi.

Penarikan mereka dari penugasan di KPK tertuang dalam telegram Kapolri nomor ST/1109/V/KEP./2021.

Bacaan Lainnya

Setelah penarikan itu, belum ada lagi pengiriman penyidik dari Polri untuk membantu proses penegakan hukum di KPK. AsSDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi mengatakan, pengiriman penyidik pengganti belum dilakukan dalam waktu dekat.

“Belum (ada rencana pengiriman),” kata Sutrisno saat dihubungi, Selasa (8/6).

Setelah penarikan 3 penyidik dari KPK, sempat berembus kabar Polri akan mengirim 30 penyidik baru ke KPK. Hal ini dilakukan untuk menambal kekosongan 75 penyidik KPK yang dinonaktifkan karena tak lulus TWK.

Namun, terkati kabar itu, Sutrisno juga menyebut belum ada rencana itu “Belum ada,” ujar Sutrisno.

Sebelumnya, Plt juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, ketiga penyidik dari kepolisian kembali ke Polri karena masa tugasnya di KPK habis.

“Informasi yang kami terima, ketiga penyidik dimaksud telah selesai masa tugasnya di KPK sehingga dilakukan rotasi, mutasi, dan promosi jabatan pada instansi asalnya,” kata Ali dalam keterangannya, Rabu (2/6).

(*/lk)

Pos terkait