Dipicu Dendam, Nyawa Boru Melayang di Tangan Tiga Pemuda Matuari

JurnalPatroliNews – Bitung – Kasus pembunuhan kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bitung. Kali ini, tiga orang pemuda ditangkap Polisi atas dugaan pembunuhan terhadap Jhonly Victor Nuhum warga Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari.

Ketiga pemuda terduga pelaku itu adalah MH (17), JT (21) dan VM (17) ketiganya tercatat sebagai warga Kecamatan Matuari, nekat menghabisi nyawa Jhonly yang sehari-hari akrab disapa Boru.

Menurut Kasi Humas Polres Bitung, Iptu Iwan Setiayabudi, kasus pembunuhan itu terjadi, Kamis (18/1/2024) di rumah korban di Perum Labuan Indah Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari.

“Ketiganya ditangkap, Jumat (19/1/2024) tanpa perlawanan,” kata Iwan, Minggu (21/1/2024).

Adapun kronologi pembunuhan itu, kata Iwan, bermula saat ketiga pelaku mendatangi rumah Boru sekitar pukul 23.30 Wita menggunakan satu unit sepeda motor. Salah satu pelaku, yakni VM memiliki dendam terhadap Boru yang diduga menjadi mucikari dan kerab menjual adik kandungnya.

Sesampainya di rumah korban, ketiganya memantau kondisi rumah yang sudah dalam keadaan sepi. MV kemudian masuk ke pekarangan dengan cara memanjat pagar dan mendobrak pintu rumah.

“Sebelum beraksi, ketiganya telah mengkonsumsi minuman keras dan menyusun rencana untuk menghabisi nyawa Boru,” katanya.

Saat pintu didobrak, lanjut Iwan, VM menemukan ruang tamu dan kamar kosong. Ia kemudian mencari keberadaan korban dan mendapati Boru sementara bersembunyi di bawah kolong tempat tidur.

Mengetahui Boru bersembunyi di kolong tempat tidur, VM keluar rumah mengambil batu dan melepar agar korban keluar dari tempat pesembunyian.

“Saat VM keluar mengambil batu, pelaku lain yakni JT masuk sambil menghunus pisau yang telah disiapkan. JT masuk ke kamar kemudian menikam Boru sebanyak lima kali,” katanya.

Posisi korban, kata Iwan, masih berada di kolong tempat tidur saat dihujani tikaman oleh JT. Dan aksi penikaman itu tidak hanya dilakukan JT, pelaku lainnya yakni MH juga ikut masuk dan melayangkan tikaman sebanyak satu kali hingga membuat Boru keluar dari tempat persembunyian.

“Korban keluar dan berdiri di ruang tamu. Melihat korban masih berdiri, JT kembali masuk dan lagi-lagi melayangkan tikaman di bagian dada hingga tersungkut,” katanya.

Melihat korban terjatuh bersimbah darah, ketiga pelaku kemudian melarikan diri meninggalkan lokasi.

“Dari tangan pelaku sudah diamankan dua bilah pisau yang digunakan menikam korban. Ketiganya sementara menjalani pemeriksaan di Mako Polres Bitung,” katanya.

Komentar