TNI AL di Semarang Berhasil Ungkap Penyelundupan 460 Burung Kacer Asal Kalimantan

JurnalPatroliNews – Semarang,- TNI AL melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 460 ekor burung. Jenisnya Kacer asal Kalimantan.

“Satu orang sopir truk berhasil diamankan di dalam Kapal Fery KM. Dharma Kartika 7 yang bersiap akan turun di dermaga Tanjung Emas Semarang, Sabtu kemarin,” kata Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, dalam rilisnya dikutip Minggu (11/12).

Ia menambahkan, pengungkapan itu berdasarkan informasi Tim Intelijen Lanal Semarang yang sebelumnya melaksanakan penyelidikan di lokasi. Semua proses pengungkapan berjalan lancar.

“Pukul 14.00 WIB Kapal KM. Dharma Kartika tiba di dermaga penumpang Tanjung Emas Semarang. Kemudian Prajurit Lanal Semarang saat petugas memeriksa truk dengan Nopol H 1488 HR ternyata kedapatan membawa burung yang di masukan ke dalam Box Kayu,” jelasnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara detail burung-burung tersebut tidak di lengkapi dokumen. Dengan ini maka melanggar Pasal 35 UU No. 21 Tahun 2019 Tentang Karantina hewan, ikan dan tumbuhan yang di lindungi.

“Atas temuan tersebut, sopir dan barang bukti di bawa ke Kantor Balai Karantina untuk dilaksanakan pemeriksaan sesuai aturan,” tuturnya.

Komentar