Viral! Aksi Maling Gagal Modus Ganjal ATM di Bekasi Ketahuan dan Dikunci Oleh Warga

JurnalPatroliNews – Bekasi – Sebuah video menampilkan seorang pria yang terkunci di dalam gerai ATM menjadi viral. Terungkap bahwa pria tersebut terjebak setelah penduduk setempat mengetahui rencananya untuk mencuri dengan menggunakan modus ganjal ATM.

Video amatir yang beredar memperlihatkan seorang pria berjaket hitam dan bertopi, sibuk di dalam ruang ATM sambil berusaha menghubungi seseorang.

Sejumlah orang berkerumun di luar gerai, memperhatikan dengan seksama apa yang terjadi di dalam.

Menurut Kapolsek Bekasi Utara, Kompol Yuliati, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB pada Jumat (9/3/24) yang lalu. Namun, pelaku bukanlah pembobol ATM, melainkan pengguna modus ganjal mesin ATM.

“Tindakan yang diambil, mendatangi TKP dan cek TKP, mengamnkan pelaku dan barang bukti, cek CCTV sekitar TKP, meminta keterangan saksi-saksi,” kata Kompol Yuliati kepada wartawan, Sabtu (9/3/24).

Menurut Yuliati, pelaku menempelkan stiker berisi tips keamanan dan nomor pusat panggilan bank ke mesin ATM. Namun, nomor yang tertera bukanlah nomor resmi bank, melainkan nomor pribadi pelaku.

“Dari hasil keterangan saksi dan pelaku menerangkan bahwa pelaku datang ke mesin ATM BRI kemudian menempel stiker tips keamanan transaksi di mesin ATM BRI yang sudah disiapkan dengan nomor telepon call center yang sudah diganti dengan nomor telepon pribadinya,” ungkapnya.

Untuk saat ini, belum ada laporan mengenai korban yang jatuh ke dalam perangkap pelaku.

“Lalu mengganjal lubang kartu di mesin ATM dengan plastik dan diberi lem Korea, indikasi awal baru percobaan dan belum ada korban atau konsumen yang mengambil uang,” ujarnya.

Lebih jauh, Yulianti mengatakan aksi pelaku terekam kamera CCTV. Warga pun menguncikan pelaku di ruang ATM dan melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Bekasi Utara.

“Sambil menunggu korban di mana perbuatan pelaku diketahui pemilik ruko dari CCTV, kemudian pelaku dikuncikan dari luar ATM dan tidak bisa keluar, kemudian melaporkan ke Polsek Bekasi Utara kemudian pelaku berikut barang buktinya diamankan ke Polsek Bekasi Utara,” tandasnya.

Komentar