Simak Jurus Jitu Hindari Varian Baru Corona B117

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Belum rampung pandemi corona (Covid-19) di Indonesia, kini sudah muncul lagi varian baru corona B117 asal Inggris. Varian baru corona ini disebut-sebut 40-70% lebih menular.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr Henry Walke dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Varian baru yang lebih murah menular, dikhawatirkan akan kasus yang muncul akan lebih banyak.

“Karena variannya lebih cepat menyebar. Hal itu bisa menyebabkan timbulnya lebih banyak kasus dan semakin membebani sistem perawatan kesehatan,” ungkapnya, Sabtu, (06/03/2021).

Demi mencegah penyebaran corona varian baru yang sudah masuk Indonesia, ada 6 langkah yang bisa ditempuh, sebagaimana dikutip dari Heathline :

1. Membatasi mobilitas

Sebisa mungkin batasi aktivitas bertemu dengan orang banyak. Bila mendesak harus keluar, maka diusahakan harus tetap menjaga jarak.

2. Mengurangi waktu berbelanja di luar rumah

Sering datang ke pusat perbelanjaan membuat diri menjadi lebih sering terpapar lingkungan dan orang-orang yang mungkin membawa virus.

dr Scott Braunstein, direktur Sollis Health dari Los Angeles menyebut setiap menit yang dihabiskan untuk berbelanja di dalam ruangan akan meningkatkan risiko penularan.

3. Bekerja di ruangan terbuka (outdoor)

Apabila work from home (WFH) tidak mungkin dilakukan, maka langkah yang bisa diambil adalah dengan dengan bekerja di ruangan terbuka.

“Banyak penularan Covid-19 terjadi melalui kontak di tempat kerja, jadi pastikan untuk terus melakukan jaga jarak di tempat kerja, memindahkan rapat atau pertemuan lain di luar, jika memungkinkan, atau virtual,” kata Braunstein.

4. Memakai masker

Penyebaran corona bisa dikurangi dengan penggunaan masker. Masker bedah atau N95 dipercaya efektif menjadi proteksi dari terpapar virus.

Tapi, bagi yang menggunakan masker kain, perhatikan jenis kain dan lapisan kainnya sesuai himbauan CDC. dr Anthony Fauci juga menyarankan untuk memakai masker rangkap demi menghindari varian baru Corona B117.

5. Rutin cuci tangan dan bawa hand sanitizer

Membersihkan tangan dilakukan dengan menggunakan air dan sabun selama 20 detik. Jika kesulitan mengakses air, gunakanlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%.

6. Vaksin Corona

Vaksinasi diyakini bisa membuat seseorang tak mengalami sakit parah akibat Covid-19. Maka dari itu, saat mendapat giliran, sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi.

“Namun, bisa dibayangkan bahwa salah satu varian lain, atau varian masa depan, mungkin memerlukan vaksin baru,” katanya.

[cnbc]

Komentar