Kasus Komunitas Pertama! Singapura Temukan 3 Kasus Varian Baru Covid BA.4 & BA.5

JurnalpatroliNews – Jakarta,- Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) melaporkan adanya temuan tiga kasus subvarian baru virus Omicron, Minggu (15/5/2022).

Dua kasus terinfeksi varian BA.4 dan satu kasus lokal terinfeksi varian BA.5.

“Ini adalah kasus komunitas pertama yang dikonfirmasi terinfeksi varian BA.4 dan BA.5,” kata kementerian yang mendeteksi kasus tersebut sebagai bagian dari pengawasan aktif terhadap situasi Covid-19, dikutip dari Channel News Asia, Senin (16/05/2022).

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa baru-baru ini telah mengklasifikasikannya sebagai varian yang menjadi perhatian (Variants of Concern/ VOC).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menambahkan BA.4 dan BA.5 ke dalam daftar pemantauannya pada awal April.
Kedua subvarian itu pertama kali dilaporkan oleh Afrika Selatan pada awal 2022 dan sejak itu menjadi varian dominan di sana.

Kasus-kasus di Singapura terdeteksi melalui pengujian lebih lanjut dari sampel positif tes PCR dan dikonfirmasi melalui whole genome sequencing (WGS), kata Kementerian Kesehatan Singapura.

Semua kasus di Singapura ini tidak menunjukkan gejala atau hanya memiliki gejala ringan seperti demam, batuk, pilek dan sakit tenggorokan, dan tidak memerlukan rawat inap. Mereka yang mengalaminya, telah divaksinasi lengkap dan sebelumnya telah menerima dosis booster.

Ketiga kasus tersebut telah diisolasi sendiri setelah dites positif Covid-19 dan tidak memiliki paparan yang dilaporkan ke pengaturan yang rentan.

“Kami akan meningkatkan upaya pengawasan lokal dan terus memantau penyebaran BA.4 dan BA.5 di Singapura. Sementara masyarakat kita sekarang lebih tahan terhadap virus, semua orang harus terus memainkan peran mereka dan tetap waspada untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19,” kata MOH Singapura.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bagi mereka yang rentan terhadap komplikasi Covid-19, seperti orang yang tidak divaksinasi, orang di atas usia 60 tahun, dan orang dengan penyakit kronis, harus memastikan mereka mengetahui booster yang direkomendasikan dan berhati-hati dengan banyak potensi kontak.

Komentar