Aksi Sosial “Menyapa dan Berbagi TP PKK Bali” di Kabupaten Bangli Hari Kedua

Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Luh Ayu Aryani mengajak masyarakat untuk selalu menjaga hak perempuan dan anak. Bagaimanapun menurutnya perempuan di masyarakat mempunyai tugas mulia dalam membentuk dan mencetak generasi penerus, untuk itu hak-hak mereka perlu dilindungi. Tidak hanya perempuan, anak pun mempunyai hak untuk dilindungi dari kekerasan serta mendapatkan hak hak dasarnya seperti makanan dan pendidikan.

Kadis sosial juga menginformasikan jika terdapat pelanggaran atas hak perempuan dan anak, maka masyarakat bisa melaporkan ke SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) 129, sehingga tim yang beranggotakan dari Pusat hingga Daerah bisa segera menindaklanjuti.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom menyampaikan kepada masyarakat akan bahaya Rabies, sebagai informasi, penyakit Rabies yang dikenal juga dengan istilah anjing gila adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus Rabies pada otak dan sistem saraf.

Penyakit ini tergolong sangat berbahaya karena berpotensi besar menyebabkan kematian. Penyakit ini dapat ditularkan dari hewanterinfeksi ke manusia melalui gigitan.

Hewan utama penular rabies adalah anjing. Selain anjing, hewan yang juga dapat membawa virus rabies dan menularkannya ke manusia adalah kelelawar, kucing, dan kera.

Virus rabies bisa menular melalui air liur, gigitan, atau cakaran hewan yang tertular rabies. Hewan yang berisiko tinggi untuk menularkan rabies umumnya adalah hewan liar atau hewan peliharaan yang tidak mendapatkan vaksin rabies.

Munculnya gejala rabies bisa sangat bervariasi, seperti demam, takut dengan sinar matahari, takut dengan air, lelah lemas dan hilang nafsu makan.

Oleh sebab itu, jika terkena goresan atau gigitan anjing pastikan dibersihkan dengan baik dan pastikan untuk mendapatkan serum atau vaksin rabies tidak lebih dari 2 hari sejak digigit hewan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan I Wayan Sunada, mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada baik di dalam rumah maupun di sekitar untuk ditanami tanaman seperti cabe misalnya sehingga lahan akan berdaya guna dan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.

Dalam aksi sosial kali ini juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis serta pemberian kaca mata baca gratis sebanyak 100 kacamata kepada masyarakat di setiap lokasinya.

Komentar