Gelar Pelatihan E-Hibah, Kominfosanti Buleleng Siap Fasilitasi Pelatihan Hingga ke Desa/Kelurahan

JurnalPatroliNews – Buleleng – Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng sebagai leading sector pelaksanaan pemerintahan berbasis elektronik kembali memfasilitasi pelatihan operator teknis E-Hibah. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Lab Dinas Kominfosanti Buleleng, Selasa, (14/12).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Kominfosanti Buleleng. I Ketut Merta mewakili Kepala Dinas membuka kegiatan pelatihan tersebut. Pihaknya menyampaikan bahwasaanya pelatihan operator teknis E-Hibah ini dilaksanakan sebagai langkah awal sosialisasi pemanfaatan aplikasi E-Hibah. “Kami harapkan seluruh operator serius mengikuti pelatihan ini. Jika ada yang belum dimengerti agar ditanyakan kepada penyedia, sehingga pelatihan hari ini benar-benar maksimal,” terangnya.

Ditambahkan, Sekdis Merta juga menerangkan, bahwas pelatihan ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan meluas hingga ke pemerintah desa. Hal itu dimaksudkan agar berbagai alur dan regulasi penerapan E-Hibah berjalan dengan lancar, sehingga ke depannya penyelenggaraan dan penyaluran hibah melalui aplikasi E-Hibah berjalan secara transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

Sementara itu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Layanan SPBE, I Made Wirama Satria yang juga hadir mendampingi Sekdis Merta menerangkan, bahwa pengoperasian E-Hibah berbasis web. Untuk itu pihaknya memastikan dukungan penuh jaringan internet untuk penerapan aplikasi.

“Melalui program Bali Smart Island juga telah terpasang internet gratis di seluruh kantor desa/kelurahan hingga di balai desa adat. Jadi semua pihaknya dapat dengan mudah mengajukan permohonan E-Hibah,” jelasnya.

Selain itu, Kabid Wirama juga menegaskan desember ini hingga tahun 2022 ke depan difokuskan untuk tahap pelatihan operator E-Hibah hingga ke tingkat desa/kelurahan. Hal itu dilakukan untuk mematangkan kesiapan operator teknis E-Hibah di tahun 2023.

“Selain kesiapan sarana dan prasarana, SDM yang mumpuni juga sangat penting dimiliki untuk mengelola E-Hibah nantinya. Jadi kami melakukan segala kesiapannya setahun hingga nanti di tahun 2022,” ujarnya.

Penjelasan terakhir diungkapkan juga, bahwa pelatihan operator teknis E-Hibah ini menggandeng penyedia dari CV. Mai Harta yang dinilai sebaga referensi terbaik dengan berbagai pengalaman sukses membantu penerapan E-Hibab di beberapa daerah.

Komentar