Rangkaian ‘Muang Pamiut’ Selesai, Tirta Siap ‘Keiring’ ke Jawi

JurnalPatroliNews.co.id – Denpasar,- Rangkaian muang pamiut serangkaian karya piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung berakhir dengan dilaksanakannya muang pamiut di Pura Dalem Sidakarya, Pura Dalem Sakenan dan Pura Luhur Uluwatu yang dilaksanakan pada Minggu (Redite Paing Gumbreg), 25 Juni 2023.

Ketua BKOW Provinsi Bali, Ny. Tjok. Putri Hariyani Sukawati beserta dengan panitia karya piodalan Pura Mandara Giri Semeru telah tuntas melaksanakan muang pamiut di pura kahyangan jagat se-Bali.

Sementara muang pamiut pada pura kahyangan jagat yang berada di luar Bali juga telah dilaksanakan oleh panitia karya piodalan di daerah masing-masing. Selanjutnya tirta dari seluruh kahyangan jagat tersebut akan keiring (dibawa) ke jawi (jawa) secara serentak pada tanggal 28 Juni 2023 mendatang.

Untuk ditambahkan bahwa Ida Bhatara sane kaduur dalam upacara muang pamiut serangkaian karya piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung adalah Pura Besakih, Pura Batur, Pura Lempuyang, Pura Andakasa, Pura Puncak Mangu, Pura Batukaru, Pura Manik Corong, Pura Dalem Ped, Pura Rinjani dan Pura Tambora

Diketahui rangkaian karya Pura Mandara Giri Semeru Agung telah dilakukan sejak 2 bulan lalu. Sedangkan puncak karya akan jatuh pada purnama kasa (Soma Kliwon Wariga), 3 Juli mendatang dan akan disineb atau selesai pada Sukra Umanis Warigedian pada 14 Juli 2023 mendatang.

Sementara pelaksanaan kegiatan nganyarin seperti tahun-tahun sebelumnya tetap dibagi untuk masing-masing daerah sesuai dengan Edaran Upacara Pujawali Krama Satunggil Warsa di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang.

Komentar