Launching Rencana Relokasi Intake SPAM Teluk Buyung PDAM Tirta Patriot Perbaiki Kualitas Air Baku

JurnalPatroliNews – Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi launching relokasi intake Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Teluk Buyung PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, di Saluran Air Baku Palanta, Senin, (18/9/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Ir. Diana Kusumastuti, Kadis Perkimtan Provinsi Jawa Barat, Dr. Indra Maha, Pj Bupati Bekasi, Dr H Dani Ramdan, Dirut PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Ali Imam Faryadi beserta jajaran, Dewas PDAM Tirta Patriot, para Kepala OPD Pemkot Bekasi dan tamu undangan.

Wali Kota Bekasi Dr Tri Adhianto dalam sambutannya mengatakan pembangunan intake SPAM Teluk Buyung PDAM Tirta Patriot guna menyelesaikan persoalan air baku pengelolaan air bersih. Direncanakan pembangunan relokasi intake SPAM menggunakan APBD Perubahan 2023 senilai Rp. 35 Miliar.

“Pembangunan intake sebagai upaya melakukan penyelesaian secara struktural solusi kedepan agar air baku PDAM Tirta Patriot tidak selalu bergantung pada Kali Bekasi,” ucap Tri Adhianto.

Diketahui air Kali Bekasi yang menjadi sumber air baku utama PDAM Tirta Patriot tercemar limbah dan kerap menyebabkan produksi air bersih menurun bahkan sampai berhenti produksi.

Selain dari sumber Air Kali Bekasi, PDAM Tirta Patriot disuplai air baku yang diperoleh dari air Kalimalang, Tarum Barat milik Perum Jasa Tirta II, Kementerian PUPR.

Pembangunan Inteke berlokasi di Saluran Air Baku Palanta ini program pipanisasi saluran langsung menuju PDAM Tirta Patriot di SPAM Teluk Buyung. Kendala yang akan dihadapi pembangunan melewati krosing kereta api di Stasiun Bekasi sangat membutuhkan kehati-hatian dalam pengerjaan.

“Bersama-sama berupaya agar program ini diharapkan nanti berjalan di bulan Januari, dan siap melayani masyarakat dengan air baku mutu yang lebih baik,” ucapnya.

Ia juga menyinggung komitmen penyelesaian aset layanan air bersih Pemerintah Kota Bekasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Pemkot secara bertahap akan menyelesaikan nilai perpindahan kompensasi aset senilai Rp. 150 M melalui APBD Kota Bekasi 2023-2024. Sebanyak 62 ribu sambungan mencakup 240 ribu warga pelanggan di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

“Kewajiban akan kita selesaikan satu bentuk komitmen menyelesaikan persoalan pemisahan aset. Kita memiliki visi yang sama dan harapan besar dalam memberikan pelayanan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Ir. Diana Kusumastuti, menyambut baik dan mengapreasiasi upaya Pemkot Bekasi dan PDAM Tirta Patriot melakukan relokasi intake SPAM Teluk Buyung Tirta Patriot.

“Intek ini menyambung untuk air baku spam di kota Bekasi. Menambahkan kapasitas air yg ada di Kota Bekasi,” ucapnya.

Oleh karena itu ia percaya, pemindahan intake teluk Buyung ini akan memperbaiki pelayanan dan meningkatkan cakupan kepada masyarakat dan tentu meningkatkan kinerja PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi.

Komentar