Peringati Hari Santri, Pj. WaliKota: Peran Santri Dalam Menjunjung Tinggi Nilai Pancasila dan NKRI

JurnalPatroliNews – KOTABEKASI – Penjabat WaliKota Bekasi Gani Muhamad didampingi istri Yolla Kusuma beserta Forkopimda, para tokoh ulama dan para Kepala OPD laksanakan upacara peringatan Hari Santri 2023 di Alun-alun Hasibuan Kota Bekasi.

Sebelum dilakukannya upacara peringatan, Pj Wali Kota Bekasi beserta tamu undangan menyaksikan Pawai Hari Santri 2023 yang diikuti oleh para santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kota Bekasi.

Dalam pidatonya Gani Muhamad mengatakan peran santri terhadap merebut, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, melalui resolusi jihad mendorong negara mempertahankan NKRI.

“Karena para santri dengan Resolusi Jihadnya saat itu, mampu mendorong pemerintah mempertahankan kemerdekaan, terjadi pertempuran heroik disurabaya, banyak dari para santri berjuang dan mengorbankan nyawanya untuk NKRI,”jelas Gani Muhamad

Selain itu, peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa, mampu mencetak generasi yang unggul dan berkarakter.

Santri adalah sosok yang luar biasa dan berkonsisten dalam belajar ilmu agama dengan mendalami Al-Qur’an maupun hadis yang selalu khusyuk disaat menjadi santri. Pada tema saat ini santri yang terus memperjuangkan nilai-nilai Pancasila dan kesatuan NKRI.

Jutaan santri masa kini adalah aset bangsa masa depan. Terlebih pada 2045 nanti negara kita memiliki cita-cita Indonesia emas.

Maka hal tersebut harus disambut baik oleh pesantren lembaga pendidikan menjadi tempat santri menggantungkan masa depannya.

“Saya bersyukur karena dalam peringatan hari santri tahun 2023 Pemerintah Kota Bekasi akan menganggarkan di APBD 2024 untuk mengembangkan produk dunia pesantren pada dunia usaha mikro maupun makro.” Ungkap Gani.

Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menyampaikan “Selamat hari santri 2023 dengan Jihad santri maka Indonesia akan Jaya dan aman bersama para santri.”

Komentar