Proses Pembangunan di TMMD 110 Wilayah Kodam XVIII/Kasuari Telah Mencapai 47%

  • Whatsapp

JurnalPatroliNews – Manokwari,– TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 TA 2021 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari yang digelar oleh Satgas TMMD Kodim 1802/Sorong di Kampung Kamlin, Distrik Wemak, Kabupaten Sorong, Papua Barat dengan sasaran fisik berupa pembangunan 8 unit rumah permanen dikerjakan sejak tahap Pra TMMD bulan Februari lalu.

Pembukaan TMMD 110 yang bertema “TNI Wujud Sinergi Membangun Negeri“ ini dilakukan oleh Bupati Kabupaten Sorong Dr. Johny Kamuru, SH., M.Si yang didampingi Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, dan Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman (Dansatgas TMMD) pada Selasa (2/3/2021) lalu di kantor Bupati Sorong, Jl. Sorong-Klamono Km 24, Kelurahan Klamasan, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

BACA JUGA :

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M. mengungkapkan, sejak dimulainya Pra TMMD 110 hingga hari ini, Senin (8/3/2021) pencapaian pembangunan dalam sasaran fisik TMMD berupa pembangunan 8 unit rumah tipe 42 telah mencapai hasil 47%.

“Sejak dimulainya TMMD Ke-110 yang berada di wilayah Kodim 1802/Sorong, sasaran fisik yang dikerjakan berupa pembangunan 8 unit rumah tupe 42 saat ini sudah mencapai 47%, dan masih terus berlanjut pengerjaannya hingga mencapai target 100%,” ucap Kapendam, Senin (8/3/2021).

Lebih lanjut dikatakan Kependam bahwa peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan diantaranya adalah melalui kegiatan TMMD, seperti halnya yang dilaksanakan di Kampung Kamlin. Hal itu merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dan rakyat, sekaligus sebagai wahana untuk menggelorakan kembali warga masyarakat tentang semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, dan ketahanan nasional guna menjaga persatuan, kesatuan, dan keutuhan NKRI.

Dalam pelaksanaannya, TMMD Ke-110 di wilayah Kodim 1802/Sorong ini tidak hanya mengerjakan sasaran fisik berupa pembangunan 8 unit rumah namun juga berbagai sasaran atau kegiatan yang bersifat non fisik, seperti penyuluhan, pembagian sembako, sosialisasi, serta sasaran tambahan berupa pengecatan gereja.

“Kodim 1802/Sorong selaku Satuan Tugas (Satgas) di jajaran Kodam XVIII/Kasuari siap memberikan pengabdian terbaiknya untuk mewujudkan sinergi membangun negeri di awal tahun 2021 melalui kegiatan TMMD, yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat, sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah,” katanya.

“Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, TMMD Ke-110 yang berlangsung selama 30 hari (2-31 Maret 2021) di wilayah tugas Kodim 1802/Sorong ini dilakukan secara terkoordinasi dengan semua pihak, sehingga terjalin sinergitas untuk mengoptimalkan hasil TMMD yang tepat sasaran dalam mewujudkan Desa TMMD sebagai percontohan desa yang berwawasan kebangsaan,” tutup Kapendam XVIII/Kasuari.

TMMD Ke-110 di wilayah Kodim 1802/Sorong melibatkan 200 personel, yang terdiri dari TNI (130), Polres Sorong (12), Pemda Sorong (8) dan warga masyarakat Kampung Kamlin (50).

(***/Bn)

Pos terkait