Kurangi Anteran Panjang, Kakorlantas: Jika Tidak Sangat Lelah, Jangan Paksakan Diri Masuk Rest Area Yang Penuh

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Arus balik mudik 2022 yang menyebabkan kemacetan panjang, tentunya akan menguras tenaga dan sangat melelahkan. Irjen Firman Shantyabudi, Kakorlantas Polri, mengimbau kepada pemudik, agar tidak memaksa masuk ke Rest Area yang sudah padat pengunjung serta kendaraan.

“Kepada masyarakat pemudik yang akan balik, mohon bantuan dan kerja samanya tentang pemanfaatan rest area. Tolong,” imbau Firman, di Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (6/5/22).

Ia menyebut, perilaku pemudik seperti ini, masih menjadi evaluasi pihaknya. Hal itu disebabkan, kebiasaan masyarakat yang kerap memaksa memasuki Rest Area meskipun sudah sangat penuh dengan kendaraan.

“Evaluasi beberapa hari ini, ketika kami sudah sampaikan penuh, silakan untuk dilanjutkan dulu perjalanannya,” sebutnya.

Ia mempersilahkan, jika pengemudi yang benar-benar kelelahan ketika memaksakan diri masuk Rest Area. Hal yang membuat kemacetan adalah, laju kendaraan yang melambat disebabkan adanya antrean masuk Rest Area saat arus kendaraan padat.

“Kecuali yang betul-betul lelah, jangan dipaksakan. Supaya kendaraan yang ada di belakangnya bisa tetap melaju dengan waktu tempuh yang bisa dengan lebih baik, tidak terlalu lama di jalan raya,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan adanya Rest Area yang letaknya berhadapan, yang dilengkapi jembatan penghubung atau skybridge. Jika pengendara berhenti di Rest Area tersebut, kemudian memarkirkan kendaraannya dalam waktu lama, bisa terjadi penumpukan disana.

“Kemarin ada yang kita lihat ada skybridge-nya tuh. Kalau lapangan parkirnya di belakang luas, moga-moga cukup. Namun, ketika badan jalan digunakan (untuk parkir pengunjung rest area), ya di jalur A tidak bisa Contraflow, jalur B tidak bisa Contraflow. Ini kerugiannya,” ungkapnya.

Komentar