Antisipasi Kepadatan, Polres Cilegon Terapkan One Way di Jalur Arah Wisata Anyer

JurnalPatroliNews – Cilegon, – Suasana hari kedua Lebaran 1444 Hijriah, dipadati Wisatawan lokal yang memanfaatkan hari libur panjangnya, untuk rekreasi bersama keluarga dan kerabat. Mengantisipasi kemacetan panjang, Polres Cilegon mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) sistem satu arah atau one way di jalur wisata Cilegon-Anyer, Banten.

AKBP Eko Tjahyo Untoro, Kapolres Cilegon, mengungkapkan, pemberlakuan one way di jalur Cilegon-Anyer ini, hanya bersifat situasional.

“Rekayasa lalu lintas. Untuk mengantisipasi kepadatan itu, Polres akan melakukan one way, karena ini kan arus masuk, orang pada masuk hotel, makanya banyak yang masuk ke arah Anyer, jadi dilakukan one way,” ujarnya, Minggu (23/4/23).

Eko menyebut, sistem satu arah tersebut, akan diterapkan pada pagi hari, saat wisatawan memasuki jalur wisata Anyer. Sebaliknya, pada sore hari, sistem satu arah diberlakukan di jalur menuju Cilegon.

“One way juga melihat situasi dan kondisi di lapangan dulu, kalau memang tidak padat langsung diluruskan kalau ini one way,” ucapnya.

Ia memaparkan, penerapan sistem satu arah ini, akan diberlakukan mulai dari persimpangan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon. Nantinya, Anggota Polisi akan berjaga di setiap persimpangan, untuk mengantisipasi kendaraan yang masuk dari dan mengarah ke jalan utama Anyer.

“Semua persimpangan, Pospam itu menutup jalur-jalur di Pospam 7 dan 8. Pos pantau akan melakukan penyekatan, semua diseluruh pos pantau. Nanti yang memberikan aba-aba Kabag Ops,” papanya.

Eko menyebut, wisatawan yang hendak berlibur ke Anyer, mulai terlihat pada H+1 Lebaran. Puncak arus libur Idul Fitri 2023, diprediksi mulai terjadi hari ini hingga Selasa depan.

“Puncak liburan Lebaran mulai hari ini, ini karena orang mau masuk mungkin sampai hari Selasa, karena Rabu mulai masuk kerja,” pungkasnya.

Komentar