Benny Susetyo: Pentingnya Kemimpinan Moral Yang Memiliki Keutamaan Publik

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pakar komunikasi politik Antonius Benny Susetyo, menyoroti pertemuan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, di Jalan Kramat, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (25/5) pagi.

Menurut Benny, sapaan akrabnya, pertemuan antara kedua organisasi masyarakat tersebut yang menyatakan pentingnya pemimpin yang bermoral menjadi catatan bersama dalam membangun peradaban demokrasi.

“Maka keutamaan-keutamaan pemimpin menjadi sangat penting, dalam hal ini pemimpin harus memiliki etika kepantasan publik. Peradaban demokrasi hanya bisa dilakukan ketika para pemimpin memiliki etika kepantasan publik, yaitu mereka yang mampu membedakan mana kepentingan publik dan kepentingan privat, yang mampu untuk memisahkannya”, tuturnya.

Benny yang juga seorang budayawan menyatakan, pemimpin yang bermoral tidak hanya sekadar jujur, mempunyai integritas dan melayani rakyat, melainkan juga pemimpin bermoral adalah Ia yang memiliki pathos, yaitu yang merasakan denyut derita masyarakatnya.

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP itu juga menyampaikan, orientasi pemimpin yang bermoral adalah yang berpihak pada nilai-nilai keutamaan Pancasila. Karena pemimpin yang bermoral adalah yang memiliki pengetahuan takut Tuhan, Pengetahuan takut akan Tuhan itu adalah pemimpin yang memiliki martabat kemanusiaan.

“Maka martabat kemanusiaan itu harus menjadi agenda dalam hal kinerjanya (pemimpin), dalam hal mengolah tata kelola pemerintahan. Maka martabat kemanusiaan itu menjadi dasar kita untuk bersama-sama membangun kolaborasi dan menjaga keragaman budaya, etnis yang terdiri dari 714 suku. Kita juga terdiri dari beberapa macam agama dan juga keyakinan agama-agama lokal yang harusnya diuggulkan di dalam kita mengolah keragaman”, jelasnya.

Komentar