Berebut Tiket, Kualifikasi Piala Dunia 2022: Peta Terkini dan Jatah Tiket Tiap Konfederasi

JurnalPatroliNews Jakarta – Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat ini masih berlangsung di seluruh penjuru dunia. Negara-negara yang terlibat akan berebut 32 tiket ke putaran final yang akan digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022.

Simak peta kualifikasi di setiap asosiasi atau konfederasi sepak bola di dunia:

Asia (AFC)

Jatah tiket: 4 atau 5.
Posisi kualifikasi saat ini: Babak Ketiga

Timnas Indonesia sudah kandas di babak kedua, dengan hanya meraih satu hasil seri dari delapan laga. Saat ini ada 12 tim yang sudah lolos ke babak ketiga, yakni Uni Emirat Arab, Vietnam, Australia, Iran, Saudi Arabia, Jepang, Korea Selatan, Suriah, Cina, Irak, Oman, dan Libanon.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan berlangsung September 2021 hingga Maret 2022. Ke-12 tim akan dibagi dalam dua grup, yang undiannya akan digelar 1 Juli.

Dua posisi teratas masing-masing grup akan lolos ke putaran final Piala Dunia, sedangkan dua tim ketiga akan lolos ke babak playoff untuk memperebutkan dan pemenangnya akan kembali berjuang di playoff antarkonfederasi.

Eropa (UEFA)

Jatah tiket: 13
Posisi kualifikasi saat ini: Laga kedua atau ketiga dari 8 atau 10 pertandingan babak grup.

Juara masing-masing grup (10) lolos ke putaran final. Tiga tiket lain diperebutkan lewat babak playoff, oleh tim runner-up dan tiga tim dari UEFA Nations League.

Amerika Latin (CONMEBOL)

Jatah tiket: 4 atau 5 (yang kelima diperebutkan lewat playoff antarkonfederasi).
Posisi kualifikasi saat ini: Laga keenam dari 18 pertandingan.

Brasil memimpin klasemen dengan nilai 18, diikuti Argentina (12), Ekuador (9), Uurguay (8), dan Kolombia (8). Paraguay dan Cile yang ada di luar lima besar memiliki nilai 7 dan 6.

Afrika (CAF)

Jatah tiket: 5.
Posisi kualifikasi saat ini: Memasuki babak kedua.

Babak kedua diikuti 40 tim. Sebanyak 10 tim yang jadi juara grup lolos ke babak ketiga. Pada babak ketiga, 10 tim akan diundi dan bertemu secara kandang-tandang, dengan pemenang lolos ke putaran final.

Amerika Tengah dan Utara (CONCAAF)

Jatah tiket: 3 atau 4.
Posisi kualifikasi saat ini: Babak kedua sudah tuntas dan segera memasuki babak ketiga.

Babak ketiga diikuti delapan tim yang akan saling bertemu. Tiga tim teratas lolos ke putaran final, tim keempat mengikuti playoff antarkonfederasi.

Oceania (OCF)

Jatah tiket: 0 atau 1.
Posisi kualifikasi saat ini: belum dimulai.

Jadwalnya tertunda-tunda karena pandemi dan kemungkinan baru akan digelar awal tahun depan. Tim peserta dibagi dua grup, lalu ada babak semifinal, dan final. Pemenang final akan mengikuti playoff antarkonfederasi.

Rangkaian jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 dijadwalkan usai pada Juni 2022. Setelah itu digelar playoff antarkonfederasi. Adapun Piala Dunia 2022, tak seperti biasanya, akan digelar pada akhir tahun.

(*/lk)

Komentar