Berhasil Pertahankan WTP 11 Kali Berturut-turut, Bitung Diganjar Penghargaan dari Kementerian

JurnalPatroliNews – Bitung – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan, Kamis (22/9/2022).

Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 11 kali berturut-turut.

Penghargaan itu diberikan saat pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022 di Ballroom Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Wali Kota menerima langsung penghargaan itu dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Menurut Wali Kota, penghargaan diterima atas hasil kerja kolaborasi antara Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan seluruh perangkat daerah.

“Ini membuktikan jika kita bekerja dengan kolaborasi dan didasari cinta, maka kita akan mampu memberikan yang terbaik untuk Kota Bitung,” kata Maurits.

Maurits berharap penghargaan yang diterima tidak membuat seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung berpuas diri. Sebaliknya, ia meminta kepatuhan terhadap ketentuan pengelolaan keuangan harus terus ditingkatkan.

“Penghargaan ini harus jadi motivasi bagi kita agar terus bekerja dengan profesional dan akuntabel,” katanya.

Atas nama pemerintah kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak. Juga, Kementerian Keuangan serta BPK Perwakilan Sulawesi Utara.

“Keberhasilan meraih opini WTP tak lepas dari koordinasi yang baik dengan kedua lembaga itu,” katanya.

“11 kali memperoleh opini WTP jadi bukti nyata. Itu menunjukan bahwa kita patuh terhadap aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, dan juga rekomendasi dari BPK. Artinya kita punya sinergitas yang baik,” lanjutnya.

Selain Pemerintah Kota Bitung, sejumlah pemerintah daerah, kementerian dan lembaga lainnya juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan. Penghargaan itu diberikan untuk raihan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2021.

Penghargaan WTP itu diberikan kepada daerah yang minimal 5 kali, 10 kali dan 15 kaki meraih opini WTP berturut turut. Dan ada 584 intentitas pelaporan meliputi 36 kementrian lembaga negara, peraih WTP 5 kali berturut-turut dari tahun 2017 – 2021.

Di Provinsi Sulawesi Utara ada 13 daerah yaitu Kota Bitung, Bolsel, Boltim, Bolmut, Sangihe, Sitaro, Talaud, Minahasa, Minsel, Mitra, Kotamobagu, Tomohon dan Manado.

Komentar